Mother&Baby Indonesia
4 Kegiatan Seru untuk Dads dan Si Kecil

4 Kegiatan Seru untuk Dads dan Si Kecil

Bagi para Dads, hari libur menjadi saat yang tepat untuk membangun bonding antara Anda dan Si Kecil. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, termasuk dengan melakukan kegiatan bersama. Selain menyenangkan, hal-hal berikut ini juga bisa membantu stimulasi tumbuh kembang anak nih, Dads!

 

1. Merangkak Bersama Ayah



Letakkan mainan seperti boneka atau mobil-mobilan kurang lebih 3 meter di hadapan Anda dan Si Kecil. Lalu, ajak ia ‘berlomba’ mengambil mainan tersebut. Agar lebih seru, Dads juga harus ikut merangkak, ya! Imbangi gerakan Si Kecil dan beri dorongan baginya.

Ketika sudah hampir meraih mainan, Dads bisa melemparnya kembali ke depan dengan jarak dekat. Dengan begitu, Si Kecil terpacu untuk melangkah lebih jauh. Kegiatan ini akan melatih otot Si Kecil sekaligus berolahraga.

 

2. Mengikuti Objek

Melatih otak bayi dapat dilakukan dengan cara yang sederhana namun menyenangkan. Yang perlu Anda lakukan adalah menyediakan objek berwarna-warni, dari mainan, boneka, buku, atau tas kecil. Peganglah objek tersebut di depan Si Kecil, lalu jelaskan apa benda yang Anda pegang.

Sambil menjelaskan, Dads dapat menggerakkan benda itu ke kanan, kiri, atas, bawah, secara perlahan. Pancing bayi untuk mengikuti arah gerakan Anda melalui matanya. Jika ia mulai tidak konsentrasi, panggil, dan ulangi lagi. Permainan ini akan melatih otaknya untuk belajar fokus pada sesuatu.

 



3. Mengenal Bagian Tubuh

Pangku Si Kecil berhadapan dengan Anda, lalu tunjuk bagian tubuh Anda, seperti hidung, mata, telinga, atau mulut. Kemudian tunjuk bagian tubuhnya dan katakan, “Di mana hidung adik? Di sini!” Pelan-pelan, ia akan mengikuti gerakan Anda dan ikut menunjuk.

Permainan seru ini dapat dilakukan ketika Si Kecil berusia 3-4 bulan. Manfaatnya adalah agar ia bisa mengenal tubuh dan bagian-bagiannya yang paling mendasar.

 

4. Ke Kebun Binatang

Di akhir pekan, luangkan waktu untuk mengajak Si Kecil bermain ke kebun binatang. Ajak serta seluruh keluarga agar lebih menyenangkan. Saat mengitari kebun binatang, gendong ia dan jelaskan tentang hewan yang ia lihat.

Anda bisa menjelaskan nama hewannya, makannya apa, dan hidup di tempat yang seperti apa. Selain kebun binatang, taman di dekat rumah juga bisa menjadi objek Si Kecil belajar mengenal binatang. Dads bisa menjelaskan hewan yang ada di sana, seperti kupu-kupu, belalang, kucing, anjing, hingga ulat yang menempel di daun. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   bayi,   ayah,   kegiatan ayah anak










Cover Mei-Juni-Juli 2020