Mother&Baby Indonesia
3 Permainan Seru Dads Bersama Bayi

3 Permainan Seru Dads Bersama Bayi

Tak bisa dipungkiri bahwa sebagai ayah, Anda cukup sulit untuk membangun kedekatan dengan Si Kecil. Untuk membantu, Anda bisa melakukan 3 permainan seru ini sebagai langkah bonding dengan bayi Anda yang masih berusia di bawah 1 tahun. Semua permainan ini bisa Dads lakukan, baik di indoor maupun outdoor.

 

Menyanyikan Lagu



Di usia ini, bayi memang belum bisa bermain musik. Namun, indera pendengarannya sudah bekerja. Ia selalu mendengarkan suara Anda dan musik yang ada di sekitarnya. Maka, Anda bisa bernyanyi untuk Si Kecil saat melakukan suatu kegiatan. Misalnya, saat mengganti pakaian atau popok, saat istri menyusui, hingga ketika ia hendak tidur.

Nyanyikan lagu anak-anak seperti Cicak di Dinding, Twinkle Twinkle Little Star, atau Balonku. Selain bernyanyi, Anda juga bisa memainkan instrumen dengan menggunakan alat musik seperti gitar atau piano. Si Kecil pasti senang dan akan terbiasa dengan musik, yang memiliki banyak manfaat positif untuk tumbuh kembangnya.

 

Memegang Mainan

Sediakan mainan dengan berbagai bentuk, seperti bulat, persegi, atau segitiga. Agar aman, pilihlah mainan yang tidak memiliki ujung tajam. Dads bisa meminta Si Kecil untuk memegang mainan tersebut sambil menjelaskan bentuk-bentuknya.



Biarkan ia meraba dan mengenal bentuk dari benda yang dipegangnya. Menjelang usia 7 bulan, saat Si Kecil sudah mulai belajar merangkak, Dads bisa menaruh mainan tadi di depannya dan minta ia untuk meraihnya. Ini sekaligus untuk menstimulasi agar Si Kecil mampu merangkak juga, lho!

 

Berkenalan dengan Alam

Untuk bayi, yang bisa Dads lakukan adalah melakukan pengenalan dasar terhadap benda atau fenomena yang ada di alam sekitarnya. Pengenalan dasar dapat dilakukan lewat kegiatan sehari-hari.

Misalnya, saat memandikan anak, Anda bisa katakan, “Hai sayang, mandi yuk! Kalau mandi kita pakai air...”. Ajak ia untuk bermain-main dengan air. Selain itu, saat Si Kecil minum susu, Anda juga bisa mengenalkan bahwa susu termasuk cairan.

Contoh pengenalan lain adalah mengenalkan angin. Dads bisa meniup lembut wajah, kaki, tangan, atau tubuh Si Kecil sambil berkata bahwa yang ia rasakan adalah angin. Jika Si Kecil sudah berusia 8 bulan ke atas, Anda bisa bermain dengannya dan minta ia meniupkan angin ke bagian tubuh Anda. Seru! (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   bayi,   permainan,   bonding








Cover Maret 2020