Mother&Baby Indonesia
3 Permainan Seru untuk Dads dan Si Bayi

3 Permainan Seru untuk Dads dan Si Bayi

Tak hanya Moms, Dads juga harus memiliki waktu berkualitas dengan anak. Agar aktivitas atau permainan dengan Si Kecil efektif, Anda harus menyesuaikan dengan umur dan tahapan tumbuh kembangnya. Dads bisa melakukan berbagai permainan seperti berikut ini agar bonding antara Anda dan Si Kecil terjalin dengan baik.

 

Ci...Luk...Ba!



Permainan ini sudah sangat umum dimainkan, tetapi tetap seru untuk dilakukan bersama Si Kecil. Tutup wajah Anda dengan kedua tangan, tahan sebentar, lalu buka dengan tiba-tiba. Tunjukkan mimik wajah yang lucu di depannya.

Pastikan Anda melakukan kontak mata dengan Si Kecil, ya. Awalnya ia akan kaget, tetapi setelahnya ia akan tertawa melihat mimik wajah Anda. Ketika sudah mulai memasuki usia 6-8 bulan, Anda bisa mengajaknya ikut bermain. Pegang tangan Si Kecil untuk menutup wajahnya, kemudian tunjukkan mimik yang lucu saat ia membuka tangan.

Permainan Ci...luk...ba! bermanfaat karena bayi menyukai elemen kejutan. Ia akan senang jika ada sesuatu yang menarik rasa ingin tahunya. Permainan ini juga akan melatihnya mengatasi rasa khawatir, jika harus berpisah sejenak dengan Anda.

 

Mencicipi Makanan

Ketika Si Kecil sudah berusia 6 bulan ke atas, ia bisa mengonsumsi MPASI. Jadi, Anda sudah bisa mengajaknya berkenalan dengan makanan, Dads! Berikan Si Kecil finger foods yang bisa ia kunyah dan pegang, seperti biskuit atau buah-buahan potong.



Sambil Si Kecil menikmati finger foods, Dads bisa menjelaskan makanan apa yang ia santap dan bagaimana cara makan yang baik. Misalnya, jika ia menjatuhkan makanan, contohnya cara mengambil dan membersihkannya.

Lalu, jelaskan kalau makanan harus dikunyah dahulu hingga lembut, baru ditelan, dan sebagainya. Dengan ini, Anda pun akan melatih kepercayaan diri Si Kecil agar bisa makan sendiri.

 

Jalan-Jalan

Pagi hari di saat matahari terbit dan Anda belum berangkat kerja, gendong Si Kecil untuk jalan-jalan ke luar rumah dan menikmati pemandangan di sekitar tempat tinggal Anda. Sambil jalan-jalan, mengobrollah dengan Si Kecil dan jelaskan apa yang ia lihat, misalnya pohon, jalanan, atau hewan yang ditemui.

Meskipun tampaknya Si Kecil tidak mengerti apa yang Anda katakan, tetapi ia akan memerhatikan dan otaknya pun terstimulasi. Jalan-jalan sambil menggendong Si Kecil juga salah satu cara untuk bonding dengan buah hati. Tak hanya menyenangkan, ativitas ini juga menyehatkan. Anda pun ikut bergerak sambil menikmati udara pagi yang segar dan bersih. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   anak,   ayah,   permainan,   bayi








Cover Januari - Februari 2020