Mother&Baby Indonesia
Dads, Ini Daftar Kegiatan Seru saat Bersama Balita (1)

Dads, Ini Daftar Kegiatan Seru saat Bersama Balita (1)

Si Kecil sudah berusia balita, Dads. Saatnya membantu menstimulasi kemampuan motorik dan kognitifnya. Ajak ia bereksplorasi bersama Anda dengan melakukan kegiatan dari rekomendasi Mother&Baby Indonesia berikut ini, yuk.

 

Mencari 'Harta Tersembunyi'



Letakkan makanan kesukaan Si Kecil seperti permen, potongan cokelat yang berukuran kecil di tengah-tengah makanan sehat seperti nasi, mashed potatoes, jeli, atau jenis makanan lain yang ingin dikenalkan kepada anak.

Katakan kepada anak bahwa terdapat hadiah tersembunyi di dalamnya, yang hanya bisa ditemukan setelah ia mencicipi dan memakan makanannya terlebih dahulu. Ajak Si Kecil untuk mengatakan dan mengulangi nama makanannya beberapa kali, terutama bila makanan tersebut tergolong baru bagi anak.

Permainan ini dapat menambah pengetahuan anak seputar makanan, sekaligus merangsang anak agar berani mencoba makanan baru.

 

Mencari Angka

Cetak gambar kue favorit Si Kecil dalam satu kertas. Isilah masing-masing kertas dengan gambar kue yang berbeda jumlahnya, contoh pada kertas yang satu berisi 1 gambar kue, kertas berikutnya 2 kue, dan seterusnya sampai 10 kue.



Letakkan kertas tersebut dalam satu wadah besar secara acak dan campur kertas dengan potongan gabus. Lalu, sebutkan angka 1-10 dan minta Si Kecil untuk mencari angka tersebut dalam tumpukan gabus.

Setelah ia berhasil menemukan gambar yang sesuai dengan angka yang disebutkan, ajak untuk menuliskan angka sesuai dengan jumlah gambar. Permainan seru ini dapat merangsang rasa ingin tahu dan membantu Si Kecil menghafal angka. Anda pun bisa mengganti angka dengan huruf-huruf.

 

Membuat Gelembung

Siapkan ¼ air masak bersih dan 25 ml sabun cuci piring. Kemudian minta Si Kecil untuk menuangkan air dan sabun cuci piring ke dalam gelas besar. Aduk hingga rata. Setelah itu, tekuk sedotan dan letakkan ke dalam gelas, dengan bagian yang tertekuk berada di bawah.

Ajak ia meniup balon sampai besar lalu ikat ujungnya. Dengan hati-hati, minta Si Kecil memasukkan sedotan yang menyembul ke luar gelas ke dalam ujung balon, sambil membuka ikatan. Udara yang keluar melalui sedotan, akan menciptakan banyak gelembung sabun.

Udara merupakan salah satu unsur alam yang tidak bisa dilihat dengan mata. Melalui gelembung udara, Si Kecil dapat lebih memahami bentuk dari udara, sekaligus mempelajari ‘cause and effect’. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   aktivitas untuk balita,   bonding