Mother&Baby Indonesia
Nak, Belajar Tentang Kesetaraan Gender, Yuk!

Nak, Belajar Tentang Kesetaraan Gender, Yuk!

Memperkenalkan anak mengenai kesetaraan gender sebaiknya dilakukan sejak dini. Dengan memperkenalkan kesetaraan gender sejak dini, Si Kecil dapat memahami peranan yang dilakukan oleh anak laki-laki dan perempuan.

 

Salah satu cara mudah dan menarik untuk mulai memperkenalkannya adalah melalui cerita. Anda dapat menceritakan berbagai dongeng menarik yang ada sosok perempuan dan laki-laki di dalamnya. Setelah selesai bercerita, ajak Si Kecil untuk menarik kesimpulan dan membandingkan karakter laki-laki atau perempuan dalam dongeng tersebut.



 

Menunjukkan gambar perempuan dan laki-laki juga dapat menjadi alternatif untuk memperkenalkan gender. Ajak anak untuk memerhatikan detail gambar tersebut, mulai dari postur tubuh hingga pakaian. Tanyakan pendapat Si Kecil mengenai perbedaannya.

 



Salah satu cara agar Si Kecil tidak terjebak dalam stereotype, ceritakan bahwa laki-laki dan perempuan mendapat kesempatan yang sama dalam banyak hal. Mereka bisa berkarya dan bekerja di bidang apa pun yang mereka inginkan.

 

Meski berbeda jenis kelamin, tidak ada yang bisa memaksa laki-laki maupun perempuan untuk melakukan sesuatu yang berbeda dengan kesukaan mereka. Mainkan karakter profesi bersama Si Kecil untuk membuka pengetahuannya tentang kesetaraan. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   anak,   kesetaraan gender










Cover Mei-Juni-Juli 2020