Mother&Baby Indonesia
Ini 3 Cara Ajarkan Anak Kendalikan Stres

Ini 3 Cara Ajarkan Anak Kendalikan Stres

Moms, tidak hanya orang dewasa yang bisa stres, Si Kecil juga bisa mengalami stres. Penyebabnya bisa karena kurang tidur, pola asuh yang orang tua lakukan kurang tepat, atau tekanan dari temannya di sekolah. Karenanya, Anda harus cermat untuk memahami kondisi anak ketika mereka merasakan stres.

 

Rasa tertekan ini tentu bisa diatasi. Selain mengubah pola asuh atau penyebab dari eksternal lainnya, terdapat 3 cara yang bisa diajarkan kepada balita Anda untuk mengatasi rasa stresnya. Simak saran dari situs Kids Health berikut ini:



 

1. Tarik Napas Panjang

Jika stres datang, ajak Si Kecil duduk di tempat tenang dan menarik napas lewat hidung secara perlahan. Minta ia menahan napas selama 5 detik, kemudian menghembuskannya lewat mulut secara perlahan juga. Lakukan ini selama 5 kali.

 

2. Mengendurkan Otot



Saat stres, otot-otot tubuh akan menegang. Ajarkan Si Kecil mengepalkan tangannya kuat-kuat dan menahannya selama 5 detik. Jika perlu, Anda juga ikut mengepalkan tangan sambil menunjukkan ekspresi menahan. Kemudian, lepaskan kepalan dengan perlahan.

 

3. Visualisasi Emosi

Ajak Si Kecil menutup matanya dan membayangkan hal-hal yang menyenangkan, misalnya makan es krim atau bermain di taman bunga. Saat membayangkan hal indah inilah tingkat stres balita Anda akan berkurang perlahan.

 

Dengan mengajarkan cara tersebut, mungkin bisa dilakukan Si Kecil saat tidak berada di dekat Anda. Selain itu, cara ini bisa Anda lakukan juga saat sedang stres lho, Moms! (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   anak,   stres








Cover Januari - Februari 2020