Mother&Baby Indonesia
Kebiasaan Ini Bisa Buat Anak Mencintai Buku

Kebiasaan Ini Bisa Buat Anak Mencintai Buku

 

Menanamkan kecintaan buku pada anak sejak usia dini sangatlah penting. Pada dasarnya, buku adalah jendela dunia. Buku memuat informasi kaya pengetahuan. Karena itu, ciptakan kecintaan buku pada balita sejak usia dini.

 



Balita hidup dengan meniru orang tua sebagai role model-nya. Apa yang Anda lakukan sehari-hari bersama pasangan akan menjadi contoh konkret yang ditiru anak dan direkam dalam memorinya. Jika Anda dan pasangan adalah orang yang dekat dengan buku, maka Si Kecil pun akan mengikuti kebiasaan Anda tersebut. Karena itu, ciptakan kebiasaan-kebiasaan baik agar Si Kecil mencintai buku, Moms. Ini cara yang bisa Anda lakukan:

 

1. Anak dapat diajak mengenal buku lewat kebiasaan baik. Walaupun Si Kecil masih berusia balita dan belum mengenal aksara, dengan rutinitas membacakan dongeng atau cerita pengantar tidur. Si Kecil akan merekam apa yang Anda bacakan setiap malamnya.

“Karena anak telah mampu melihat buku dan isinya juga sudah dibacakan, kebanyakan anak mulai membaca pada 5 tahun. Mayoritas anak hanya perlu duduk di samping orang tuanya yang membacakan sebuah buku sederhana dan menunjuk pada setiap kata sambil membaca dengan nyaring, dan akhirnya mereka bisa membaca,” papar Novita Tandry, M.Psi, pakar pendidikan balita.

 



2. Setiap akhir pekan atau saat hari libur, ajaklah anak sesekali mengunjungi toko buku, taman bacaan, atau komunitas yang terkait dengan dunia buku. Selain itu, biasakan diri Anda sebagai orang tua juga menjadi pribadi yang tak melewatkan hari dengan membaca buku.

 

3. Sebelum berangkat bekerja, saat bercengkerama di ruang keluarga, atau saat hendak beranjak tidur, sempatkan diri untuk membaca buku, meskipun hanya beberapa halaman. Tentu buku yang Anda pilih haruslah yang mendidik dan tidak bermuatan pornografi atau kekerasan agar Si Kecil terlindungi dari dampak buku-buku 'jahat'.

 

Kebiasaan-kebiasaan baik seperti ini akan menjadikan anak tumbuh sebagai pencinta buku. Jadi, mengajarkan kecintaan buku yang paling tepat kepada anak adalah lewat keteladanan. Ingat, bahasa tindakan lebih bermakna dalam sebuah keluarga, Moms. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   buku