Mother&Baby Indonesia
Apa Saja Nutrisi Terbaik untuk Tumbuh Kembang Anak?

Apa Saja Nutrisi Terbaik untuk Tumbuh Kembang Anak?

Sama halnya seperti pemberian stimulasi kepada Si Kecil, pemberian nutrisi terbaik juga memegang peranan penting untuk mendukung tumbuh kembang dan potensi yang ia miliki. Dengan nutrisi yang cukup, daya tahan tubuhnya menjadi optimal.

 

Hal tersebut tentunya menjadi kunci utama Si Kecil dapat tumbuh sehat. Ia pun akan lebih bebas dalam bereksplorasi untuk mengasah kecerdasannya. Lalu, apa saja nutrisi yang dibutuhkan agar anak tumbuh optimal? Berikut di antaranya:



 

Perkembangan Otak

- Protein: Memiliki peranan penting bagi perkembangan otak Si Kecil untuk mengarahkan saraf dan memindahkannya ke tempat yang tepat di otak. Saraf itu membuatnya mampu berpikir dan menciptakan gambaran lingkungan sekitar. Protein juga memaksimalkan perkembangan panca inderanya. Berikan daging, kacang-kacangan, telur, dan ikan untuk memenuhi kebutuhan protein Si Kecil.

- DHA atau Omega 3: DHA dapat meningkatkan psikomotorik dan perkembangan mental Si Kecil. Kabar baiknya, ASI mengandung DHA yang ia butuhkan untuk berkembang maksimal.

- Kolin: Sangat berguna untuk pembentukan tulang belakang dan perkembangan sel-sel otak. Anda dapat mengonsumsi telur, kacang kedelai, dan susu jika masih menyusui untuk menciptakan sumber kolin bagi Si Kecil.

 

Perkembangan Sistem Daya Tahan Tubuh



- Asam Folat: Sangat penting bagi perkembangan otak Si Kecil, terutama saat trimester pertama kehamilan. Asam folat dapat mencegah terjadinya spina bifida (cacat tabung saraf) dan terbentuknya tumor otak.

- Vitamin B6: Diperlukan untuk mengembangkan kemampuan Si Kecil dalam beradaptasi dengan lingkungan. Vitamin ini bisa diperoleh dari ikan tuna, daging, kacang-kacangan, roti, dan sereal.

- Prebiotik: Mendukung daya tahan tubuh dengan meningkatkan jumlah bakteri menguntungkan di saluran cerna dan menekan pertumbuhan bakteri merugikan. Anda dapat memberikan susu yang kaya akan prebiotik untuk memenuhi kebutuhan harian Si Kecil.

 

Pertumbuhan Fisik

- Vitamin B12: Berfungsi membantu pembentukan myelin (selubung lemak) pada jaringan saraf Si Kecil. Kandungan vitamin B12 bisa diperoleh dari daging sapi, ayam, kambing, dan ikan.

- Zat Besi: Tubuh Si Kecil membutuhkan zat besi untuk membentuk hemoglobin atau sel darah merah yang membawa oksigen ke otak. Zat besi yang tercukupi dengan baik membuatnya berkembang optimal. Daging, sayuran, telur, dan sereal merupakan makanan kaya zat besi.

- Zinc: Dapat membantu mengoptimalkan perkembangan fisik Si Kecil. Zinc berfungsi memproduksi sel darah putih, agar tubuh dapat melawan infeksi. Zat ini juga bertugas memastikan sel di dalam tubuh selalu berkembang, serta memperbaiki kerusakan yang terjadi. Daging sapi dan ayam merupakan sumber makanan yang kaya akan kandungan seng. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   anak,   nutrisi,   tumbuh kembang










Cover Mei-Juni-Juli 2020