Mother&Baby Indonesia
Ajarkan Anak Sejarah di Tempat-Tempat ini

Ajarkan Anak Sejarah di Tempat-Tempat ini

Sejarah akan melatih daya analisis anak untuk memahami bahwa kejadian masa lampau berpengaruh pada hidup manusia serta seluruh isi bumi saat ini. Mengenalkan sejarah juga akan mengajarkan Si Kecil untuk belajar dari masa lalu dan memutuskan tindakan yang lebih bijaksana di masa selanjutnya saat ia lebih besar nanti.

 

Yuk, ajak Si Kecil belajar sejarah dengan cara yang seru dan menyenangkan. Berikut ini beberapa tempat yang bisa Anda gunakan untuk mengenalkan tentang sejarah pada Si Kecil.



 

Museum

Saat liburan, jadikanlah museum sebagai salah satu tujuan wisata Anda. Ada banyak museum menarik yang bisa dikunjungi bersama Si Kecil. Di sana, ia bisa melihat dan mengenal bagaimana kehidupan dan budaya pada masa lalu, hewan-hewan prasejarah, bentuk rumah dan bangunan pada masa lalu, dan sebagainya.

 

Tempat Wisata Bersejarah

Sempatkanlah untuk mengunjungi tempat-tempat wisata bersejarah ketika Anda pergi berlibur dengan Si Kecil, misalnya Candi Borobudur. Jelaskan pada anak bahwa Borobudur merupakan salah satu candi terbesar di dunia. Anda juga bisa mengajaknya ke Keraton Yogyakarta, dan ceritakan mengenai keraton tersebut dan kehidupan para sultan yang tinggal di dalamnya.



 

Rumah Kakek Nenek

Ajak Si Kecil bertandang ke rumah kakek nenek atau kerabat Anda yang sudah berusia senja. Minta mereka untuk menceritakan masa kecil atau masa mudanya kepada Si Kecil. Ceritakan dengan kalimat yang mudah dipahami balita. Mereka bisa bercerita mengenai bagaimana jenis transportasi dan teknologi saat mereka kecil dulu, yang tentunya berbeda dengan masa kini. Cerita seperti ini akan membuka wawasan baru bagi Si Kecil dan membuatnya lebih menghargai apa yang ia miliki sekarang.

 

Rumah

Ketika menjelaskan tentang silsilah keluarga pada Si Kecil, Anda sedang menjelaskan apa itu sejarah. Ia akan belajar mengenai sejarah hidup ayah, ibu, dan keluarga besarnya. Hal ini pun akan membuatnya memahami bahwa sejarah merupakan bagian masa lampau yang membentuk dan berkaitan dengan peristiwa-peristiwa masa kini. Buka album foto keluarga Anda dan ceritakan padanya bagaimana masa kecil Anda dulu. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   sejarah








Cover Januari - Februari 2020