Mother&Baby Indonesia
Ajarkan Anak Bersosialisasi di Tempat-Tempat Ini

Ajarkan Anak Bersosialisasi di Tempat-Tempat Ini

Mengajarkan Si Kecil bersosialisasi adalah hal yang penting. Dengan bersosialisasi, ada banyak hal yang bisa ia pelajari, contohnya sikap toleransi, empati, mau berbagi, dan mau menunggu giliran saat bermain. Selain itu, anak yang pandai bersosialisasi akan tumbuh menjadi berani dan tanggap dalam setiap permasalahan yang kelak ia hadapi.

Berikut ini tempat-tempat yang bisa Anda gunakan untuk mengajarkan Si Kecil bersosialisasi, Moms.

 



Acara Keluarga

Gunakan momen acara keluarga besar, seperti arisan atau perayaan hari besar agama, untuk melatih keterampilan sosial Si Kecil. Selain bisa mengenal kerabat, Anda juga bisa melatih Si Kecil bertemu dengan banyak orang. Kenalkan ia pada setiap anggota keluarga besar yang belum pernah ditemui. Perlu diingat, walaupun ‘cium tangan’ kepada orang yang lebih tua adalah budaya kita, namun jika Si Kecil menolak bersalaman jangan dipaksa ya, Moms. Gunakan cara menarik saat hendak mengenalkan om, tante, atau sepupu yang baru pertama kali ditemui Si Kecil dengan meningkatkan rasa penasarannya terhadap orang yang akan dikenalkan, contohnya: “Sayang, Om Billy punya banyak hewan peliharaan, lho. Yuk, kenalan dulu sama Om Billy.”

 

Sekitar Kompleks Rumah

Di pagi atau sore hari, ajak Si Kecil berjalan-jalan keliling kompleks. Sapa orang-orang yang Anda temui, mulai dari tetangga, petugas taman, tukang pos, sampai satpam. Melihat Anda berani menyapa dan berbincang nyaman dengan orang lain tentu akan memengaruhi keberanian Si Kecil saat menghadapi orang lain.

 

Rumah



Untuk membantu Si Kecil berinteraksi sekaligus mendapatkan teman baru, rencanakan playdate atau undang teman-teman sebayanya bermain bersama. Pilih waktu yang tepat untuk mengundang tamu-tamu cilik ini, hindari waktu saat mereka mengantuk atau lapar. Untuk mengtetahui waktu yang pas, Anda bisa menanyakan kepada orangtua mereka. Rancanglah aktivitas yang singkat, karena kegiatan yang terlalu lama akan membuat Si Kecil bosan. Supaya playdate lebih seru, siapkan beberapa mainan yang bisa dimainkan bersama.

 

Rumah Tetangga

Ajak Si Kecil bertamu ke rumah tetangga yang jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah Anda. Hal ini membuat Si Kecil bisa berinteraksi dengan orang dewasa yang bukan ‘orang rumah’ Anda. Supaya acara bertamu berjalan lancar, berikan ia informasi mengenai tempat yang akan dikunjungi, siapa yang akan ia temui, dan apa yang bisa dilakukan di sana. Beri tahu juga mengenai aturan yang berlaku di tempat itu.

 

Taman Bermain

Saat cuaca cerah, ajak Si Kecil ke taman bermain di dekat rumah. Selain banyak permainan seru, di sana ia juga bisa mengembangkan jiwa sosialisasinya. Ia akan bertemu banyak teman baru yang bisa diajak bermain bersama. Ia juga bisa belajar bagaimana menangani konflik jika terjadi pertengkaran di antara ia dan teman bermainnya, bernegosiasi soal giliran siapa yang akan menggunakan ayunan atau papan seluncuran, belajar melakukan kerjasama tim saat bermain kelompok dan lainnya. (M&B/MA/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   bersosialisasi