Mother&Baby Indonesia
Di Tempat-Tempat Ini Anak Bisa Belajar Nilai Moral

Di Tempat-Tempat Ini Anak Bisa Belajar Nilai Moral

Menurut para ahli, anak mulai bisa memahami nilai dasar moral saat usianya sudah menginjak 4 tahun. Misalnya, mereka mulai tahu kalau tidak boleh menyakiti temannya, harus menghargai sesama, dilarang mencuri barang teman atau orang lain. Tidak hanya itu saja, Anda juga sudah bisa mulai mengajarkan dan memberi contoh kepada Si Kecil lebih cepat, supaya ia bisa meniru dan memiliki ‘pegangan’ moral yang baik dalam setiap tindakannya.

Nah, beberapa tempat ini bisa Anda gunakan untuk mengajarkan Si Kecil nilai moral, Moms.

 



Sekitar Lingkungan Rumah

Anda bisa mengajarkan Si Kecil untuk menghargai orang lain, misalnya dengan tidak pilih-pilih teman bermain atau semua teman itu sama. Kenalkan ia pada anak asisten rumah tangga atau satpam yang menjaga rumah Anda. Jika mendapati Si Kecil sedang mengolok-olok teman yang memiliki kekurangan, jangan langsung menghukumnya, Moms. Cukup beri ia pengertian bahwa perlakuan seperti itu tidak baik dan meminta maaf kepada temannya. Pastikan Si Kecil tidak melakukan hal itu lagi ya, Moms.

 

Panti Asuhan

Penting mengajarkan Si Kecil untuk berempati sejak dini. Pernahkah Anda mengajak Si Kecil bertemu dengan teman-teman sebayanya yang kondisinya tidak lebih baik darinya? Jika belum, coba sesekali ajak Si Kecil mengunjungi panti anak cacat ataupun panti asuhan. Dengan begitu, ia bisa belajar berempati dan memahami kondisi yang dialami orang lain. Setelah itu, ajak ia menyisihkan uang jajannya untuk diberikan ke anak-anak panti asuhan. Berapa pun jumlah uang yang dikumpulkan, yang penting ia sudah mau belajar untuk berempati dengan orang lain.

 

Saat Berada di Jalan



Berbagi itu indah. Mulai ajarkan hal ini sejak dini pada Si Kecil ya, Moms. Mudah kok caranya, dan bisa dilakukan di jalan. Kalau tidak sengaja bertemu dengan pedagang yang sudah tua di jalan, berikan bantuan Anda melalui tangan Si Kecil. Dengan begitu, ia akan terbiasa berbagi dengan yang membutuhkan. Berbagi tidak selalu berbentuk uang, Moms. Anda bisa mengajak Si Kecil memilih pakaian, buku, dan mainan yang sudah tak terpakai untuk diberikan kepada anak-anak yang tidak mampu.

 

Di Dalam Rumah

Ajarkan Si Kecil kebiasaan tolong-menolong, misalnya, saat Anda sedang membersihkan lantai, minta ia membantu Anda dengan menggunakan sapu mainan atau sapu kecil. Jika ia menolak, beri contoh menyapu dengan gerakan yang menarik agar Si Kecil termotivasi untuk membantu.

 

Di Semua Tempat

Ada 3 kata ampuh yang bisa Anda ajarkan kepada Si Kecil, Moms, yaitu, "Terima kasih", "Maaf", dan "Tolong". 3 kata ini adalah kata-kata sederhana yang jika diucapkan oleh seseorang, akan meninggalkan kesan dan makna yang mendalam. Itu sebabnya, Anda perlu mengajarkan Si Kecil mengucapkan kata-kata tersebut. Caranya? Berikan contoh. Jelaskan makna dan pengaruhnya bagi orang yang mendengarkan. Hal ini bisa dilakukan di segala tempat dan kepada siapa saja. (M&B/MA/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   nilai moral