Home - Balita - Tumbuh Kembang Balita / 10 Agustus 2018 / Redaksi

Kenalkan Anak pada Agama di Tempat-Tempat Ini

Moms, Anda pastinya setuju dengan ungkapan yang mengatakan bahwa orang yang mengenal Tuhan dan memiliki pemahaman yang benar terhadap agama memiliki kecenderungan untuk selalu berbuat baik. Itu sebabnya, orangtua perlu memberikan pendidikan agama sejak dini pada anak.

Menurut Dr. Robert Coles, Profesor di Harvard University, AS, sejak usia dini sebenarnya anak-anak sudah memiliki intuisi untuk bisa memahami spiritualitas dalam kehidupan beragama. Masalahnya, tidak mudah menjelaskan logika pemahaman agama kepada anak usia balita dengan bahasa sederhana. Namun, bukan berarti tidak ada cara untuk menyiasatinya.

Berikut ini tempat-tempat yang bisa Anda gunakan untuk mengenalkan pemahaman agama pada Si Kecil, Moms.

 

Meja Makan

Ajari Si Kecil doa-doa pendek yang mudah ia ikuti dan berikan penjelasan sederhana mengenai artinya. Sebagai permulaan, lakukan doa bersama di meja makan sebelum waktu makan dimulai. Dengan kegiatan ini, Anda juga telah mengajarkan bagaimana cara bersyukur pada Tuhan atas rezeki yang diberikan oleh-Nya. Ia pun akan lebih menghargai makanan yang tersaji di atas piring. Jika Anda terus melatih Si Kecil untuk membaca doa, lambat laun, ia akan hafal dan terbiasa berdoa sebelum melakukan aktivitas.

 

Gunung, Laut, dan Alam Terbuka

Jelaskan pada Si Kecil bahwa Tuhanlah yang menciptakan alam semesta dengan memperkenalkan alam di sekitarnya. Ajak Si Kecil ke pantai atau pegunungan untuk menikmati pemandangan alam dan hembusan angin. Setelah itu, jelaskan bahwa laut, gunung, serta makhluk hidup yang ada di tempat tersebut adalah ciptaan Tuhan yang harus dijaga.

Anda juga bisa mengajaknya berjalan-jalan ke kebun dan menjelaskan bagaimana benih tanaman yang berukuran kecil dapat tumbuh menjadi pohon yang kokoh. Jangan lupa jelaskan juga peranan Tuhan dalam proses tersebut.

 

Kamar Tidur

Sebelum tidur, bacakan cerita-cerita rohani atau kisah para nabi pada Si Kecil. Balita lebih senang mendengarkan cerita dibandingkan jika Anda menjelaskan tentang agama secara konseptual. Anda juga bisa menyanyikan lagu pengantar tidur dengan lagu-lagu keagamaan yang menggambarkan kasih sayang atau kebesaran Tuhan.

 

Tempat Ibadah

Ajak Si Kecil ke tempat ibadah untuk memperkenalkan tata cara beribadah dan agama. Supaya ia tidak mengganggu jalannya ibadah yang sedang dilakukan jemaah lain, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan, yakni:

1. Biasakan Si Kecil untuk bersikap hormat kepada orangtua atau anggota keluarga lain yang sedang beribadah.

2. Jelaskan kepadanya sikap apa yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan saat melihat orang beribadah. Buat komitmen atau janji dengan Si Kecil, misalnya “Kamu boleh ikut Ayah ke masjid, asalkan tidak menangis selama di sana.”

3. Ajarkan kepada Si Kecil tata cara beribadah yang benar.

4. Saat Anda menjalankan ibadah di rumah, biarkan Si Kecil ikut serta menjalankan ritual ibadah bersama Anda.

5. Saat di tempat ibadah, ajak Si Kecil untuk ikut melaksanakan ibadah semampunya. Anda bisa menyiapkan buku atau makanan untuk Si Kecil dan berikan kepadanya jika ia mulai gelisah karena bosan. (M&B/SW/Dok. Freepik)

share to BBM


RELATED ARTICLE

Mengenalkan Biologi dengan Cara Seru pada Anak

4 Cara Siapkan Si Kecil Jadi Kakak

Di Tempat-Tempat Ini, Anak Bisa Sekalian Belajar Bahasa



OTHER ARTICLES

Fakta-Fakta Seputar Tali Pusat

Kebahagiaan, Kunci Membuat Anak Kuat dan Positif

Mengetahui Lebih Jauh Tentang Tes Kehamilan

Pola Asuh Orang Tua Millenial: Teman & Drone Parenting

Ini yang Dibutuhkan Bayi di Setahun Pertamanya (1)