Home - Balita - Tumbuh Kembang Balita / 9 Agustus 2018 / Redaksi

Mengenalkan Biologi dengan Cara Seru pada Anak

Mempelajari biologi sejak dini akan memudahkan Si Kecil untuk mengenali fungsi tubuhnya dan juga makhluk hidup di sekitarnya. Hal tersebut berguna untuk meningkatkan kepercayaan dirinya dalam menghadapi dunia di sekelilingnya.

 

Ayo Moms dan Dads, ajak Si Kecil belajar biologi dengan cara yang sederhana namun seru. Berikut ini tempat-tempat yang bisa Anda gunakan untuk mengenalkan biologi pada Si Kecil.

 

Kamar

Minta Si Kecil berdiri di depan sebuah cermin besar sambil memerhatikan seluruh anggota tubuhnya. Lalu, sebutkan nama seluruh anggota tubuh mulai dari atas hingga bawah berikut fungsinya dengan bahasa sederhana yang mudah dipahaminya. Ulangi beberapa kali dan ajak Si Kecil menggerakkan atau menunjukkan anggota tubuh yang sedang Anda beritahukan kepadanya. Setelah ia hafal, Anda bisa bertanya padanya, misalnya, “Mana hidung?, Mana lutut?” dan sebagainya.

 

Halaman Rumah atau Taman

Ajaklah Si Kecil menanam bibit bunga di halaman rumah dan ajari ia untuk merawatnya. Kemudian mintalah ia untuk mengamati perkembangan bunganya setiap minggu dan melaporkannya kepada Anda. Ia juga bisa menggambar bunga yang ia tanam tersebut.

Anda juga bisa mengajaknya ke taman, perlihatkan pohon atau tanaman di taman tersebut, dan sebutkan bagian-bagiannya, seperti batang, daun, atau bunga. Ajak ia untuk mengulangi yang Anda sebutkan tersebut.

 

Kebun Binatang

Hewan terbagi ke dalam beberapa jenis, seperti reptil, unggas, dan mamalia. Jelaskan pengertiannya dengan bahasa yang sederhana sambil mengajaknya berkeliling kebun binatang, agar Si Kecil bisa melihat langsung jenis hewan-hewan tersebut. Misalnya, reptil adalah hewan melata yang berjalan dengan perutnya, lalu ajak ia melihat berbagai jenis ular. Unggas adalah hewan yang memiliki sayap, dan tunjukkan kepadanya berbagai jenis burung. Sementara mamalia adalah hewan yang menyusui anaknya, kemudian ajak Si Kecil melihat harimau, beruang, gajah, dan lain-lain. (M&B/SW/Dok. Freepik)

share to BBM


RELATED ARTICLE

Di Tempat-Tempat Ini, Anak Bisa Sekalian Belajar Bahasa

Waspada Masalah Pencernaan Pada Anak

Di Tempat-Tempat Ini Anda Juga Bisa Ajak Anak Olahraga



OTHER ARTICLES

Fakta-Fakta Seputar Tali Pusat

Kebahagiaan, Kunci Membuat Anak Kuat dan Positif

Mengetahui Lebih Jauh Tentang Tes Kehamilan

Pola Asuh Orang Tua Millenial: Teman & Drone Parenting

Ini yang Dibutuhkan Bayi di Setahun Pertamanya (1)