Mother&Baby Indonesia
Di Tempat-Tempat Ini Anda Juga Bisa Ajak Anak Olahraga

Di Tempat-Tempat Ini Anda Juga Bisa Ajak Anak Olahraga

Berolahraga tidak hanya membuat Si Kecil lebih sehat secara fisik, tetapi juga akan melatih koordinasi dan meningkatkan kemampuan motoriknya. Dengan peningkatan kemampuannya ini, rasa percaya dirinya pun akan terasah. Mengajak Si Kecil berolahraga tidak hanya bisa dilakukan di tempat-tempat olahraga indoor maupun outdoor, Moms. Anda bisa melakukannya bersama anak di mana saja.

 

Berikut ini tempat-tempat yang bisa Anda gunakan untuk mengajak Si Kecil berolahraga dengan seru dan menyenangkan, Moms.



 

Taman atau Lapangan Berumput

Jika Si Kecil sedang belajar berjalan, Anda bisa mengajaknya berjalan di atas rerumputan sambil mengejar bola untuk memicu semangatnya. Taman atau lapangan yang cukup luas juga bisa digunakan untuk belajar melempar dan menangkap bola dan bermain lompat tali.

 

Taman Bermain

Ajaklah Si Kecil bermain di playground, baik yang berada di dalam atau luar ruangan karena banyak hal yang bisa ia lakukan di sana. Ia bisa berlatih memanjat, berayun, melompat, dan lainnya dengan cara yang menyenangkan. Ketika Si Kecil sedang bermain di playground, sebaiknya Anda juga ikut beraktivitas bersamanya. Dengan begitu, Anda bisa membantunya melakukan gerakan yang tidak bisa atau takut ia lakukan sendiri.

 



Pantai

Ajaklah Si Kecil berenang di pantai untuk menciptakan sensasi yang berbeda dibandingkan dengan berenang di kolam. Lengkapi ia dengan peralatan yang aman sebelum belajar berenang di tepi pantai. Selain berenang, Anda juga bisa mengajaknya bermain pasir sambil menuang pasir atau mengangkat air.

 

Jalanan Kompleks

Jika jalanan di kompleks rumah Anda tidak terlalu ramai, Anda bisa mengajak Si Kecil bersepeda di sana. Jangan lupa, sesuaikan sepedanya dengan usia dan kemampuan anak, serta lengapi dengan berbagai peralatan keamanan, seperti helm, juga pengaman lutut dan siku. Mulailah dengan sepeda beroda 3 atau roda 4. Ketika ia sudah cukup mahir mengayuh sepeda, ajak ia untuk belajar mengendarai sepeda roda 2.

 

Rumah

Membereskan rumah juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengajak Si Kecil berolahraga. Saat merapikan mainan, misalnya, ia akan melakukan banyak gerakan, seperti memindahkan, mengangkat, dan menyusun barang. Gerakan-gerakan tersebut pun akan melatih kemampuan koordinasi Si Kecil. Anda juga bisa memintanya melipat pakaian bersih atau membersihkan meja (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   olahraga