Mother&Baby Indonesia
Pentingnya Aktivitas Fisik Untuk Perkembangan Anak

Pentingnya Aktivitas Fisik Untuk Perkembangan Anak

Sejak anak mulai aktif bergerak, peran orangtua sebagai teman bermain pun harus dilakukan. Pasalnya, hal ini akan membantu stimulasi perkembangan anak. Bermain tentunya menjadi salah satu kegiatan stimulasi yang dapat merangsang tumbuh kembang anak lebih optimal.

 

Menurut World Health Organization (WHO), waktu yang harus digunakan untuk aktivitas fisik anak adalah 1 (satu) jam setiap harinya. Aktivitas fisik dalam bentuk permainan juga dapat merangsang perkembangan dan kemampuan otak pada anak. Dan biasanya, aktivitas fisik ini dilakukan di luar ruangan. Ini menjadi tempat yang tepat, khususnya untuk Si Kecil di usia prasekolah untuk melatih, serta menguasai keterampilan fisik yang dimilikinya. Mereka bisa berlari atau melompat secara bebas.



 

“Bermain merupakan aktivitas yang dapat merangsang kemampuan anak, namun mereka juga menikmatinya. Bermain yang menstimulasi ini harus terdapat interaksi antar 2 orang. Karenanya, peran orangtua perlu aktif dan ikut serta dalam meningkatkan aktivitas fisik anak, terutama di luar ruangan,” tambah dr. Bernie Endyarni Medise, SpA(K), MPH selaku Dokter Konsultan Tumbuh Kembang Anak.

 

Jika Si Kecil dilarang melakukan aktivitas fisik ini, bisa menghambat kemampuan, baik motorik maupun bicara anak. Karenanya, Si Kecil perlu pendampingan orangtua ketika waktu bermainnya tiba.

 

Hal ini pun dilakukan oleh model sekaligus ibu dari dua anak, Sigi Wimala. “Kalau menurut orangtua sekarang kan ‘memberi mainan ke anak sudah cukup’. Padahal pengalaman aku juga, anak itu maunya main dan berinteraksi dengan orangtuanya. Jadi aku pasti sempatkan waktu main bareng anak-anakku supaya mereka juga lebih puas dan tumbuh kembangnya optimal,” jelasnya,ditemui Rabu (1/8).



Manfaat dari aktivitas bermain di luar ruangan sendiri ada beragam, seperti dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasi, koordinasi, kekuatan, dan kontrol motorik anak. Selain itu, juga mengajarkan mereka dalam membuat strategi bermain. Si Kecil juga bisa lebih mengeksplor alam sekitar, mendapatkan paparan sinar matahari dan juga berlatih bermain dalam tim untuk berani mengambil risiko. Tak hanya itu, mereka juga bisa mengenal permainan yang juga termasuk olahraga, seperti yang masuk dalam perhelatan akbar ASIAN GAMES 2018.

 

Untuk itu, ELC juga ikut menyambut perhelatan ini dengan mengenalkan seri mainan khusus olahraga dan luar ruangan yang bisa dimanfaatkan pada momen orangtua dan anak. Terdapat kurang lebih 12 mainan yang dihadirkan untuk seri khusus olahraga ini. Permainan tersebut diantaranya Crazy Golf Set, Sports Day Set, New Junior Trampoline. Seri ini dihadirkan tidak hanya sebagai mainan anak, tetapi juga media edukasi yang mengembangkan kemampuan motorik, kreativitas, dan sosial saat Si Kecil bermain di luar.

“Momentum dari perhelatan olahraga ini kita jadikan ajang untuk mengingatkan kembali para orangtua akan pentingnya aktivitas fisik dan bermain di luar bersama anak. Melalui seri mainan sports & activity ini kami ingin mengajak para orangtua dan anak untuk merasakan pengalaman menyenangkan dari aktivitas luar ruangan,” lengkap Abi Shihab, Marketing Manager ELC IndonesiaJadi, Moms dan Dads jangan lupa luangkan waktu bermain bersama Si Kecil, ya. (Vonia Lucky/SW/Dok. M&B, ELC)



Tags: balita,   anak,   perkembangan,   stimulasi,   mainan








Cover Januari - Februari 2020