Mother&Baby Indonesia
Kecerdasan Verbal-Linguistik Anak Penting Distimulasi

Kecerdasan Verbal-Linguistik Anak Penting Distimulasi

Salah satu kecerdasan yang dimiliki Si Kecil adalah kecerdasan verbal-linguistik, yakni kecerdasan menggunakan bahasa dan kata-kata, baik lisan maupun tulisan. Jika Si Kecil memiliki kecerdasan ini, ia akan mampu mendengarkan, berbicara, menulis, bercerita, mengajar, dan menyampaikan humor dengan baik.

 

Ia juga lebih mudah memahami makna kata dan dapat meyakinkan orang lain melalui ucapan yang disampaikan. Si Kecil cenderung banyak bicara dan senang menuliskan apa yang dipikirkannya. Ia memiliki daya ingat yang kuat, sehingga mudah mengingat nama, tempat, peristiwa, dan istilah yang baru didengarnya.



 

Potensi verbal-linguistik paling sering ditemukan pada anak yang memiliki kelebihan mudah mempelajari suatu bahasa baru. Maka, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menstimulasi kecerdasan bahasanya.

 

Cara Merangsang Kecerdasan



Lakukan beberapa stimulasi ini untuk merangsang kecerdasan verbal-linguistik Si Kecil:

- Meski Si Kecil masih berusia di bawah 1 tahun, berbicaralah dengan benar. Misalnya, katakan ‘susu’, bukan ‘cucu’. Ingat! Ia belajar melalui suara dan intonasi Anda.

- Terus bertanya. Anda bisa memberikan pertanyaan untuk membangun kemampuan verbalnya. Ajukan pertanyaan sederhana untuk mengasah kemampuan berbicara dan bahasanya.

- Perbanyak kegiatan bercerita dan ajak ia berdiskusi. Rangsang imajinasinya dan ajak ia mengatakan apa yang dipikirkan. Gunakan berbagai buku, dari buku sejarah hingga buku dongeng.

- Saat bepergian, Anda bisa memberi kesempatan kepada Si Kecil untuk menjadi pemandu perjalanan keluarga. Minta ia untuk menjelaskan tempat-tempat yang didatangi. Sebelum bepergian, Anda sebaiknya juga memberikan pengetahuan dasar mengenai tempat yang akan dituju. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   anak,   kecerdasan verbal-lingusitik








Cover Maret 2020