Mother&Baby Indonesia
Ini yang Dilakukan Bayi di Setahun Pertama Usianya (3)

Ini yang Dilakukan Bayi di Setahun Pertama Usianya (3)

Awalnya bayi mungil Anda hanya dapat memejamkan mata, menggeliat, dan menguap. Setelah melewati beberapa bulan, kemampuannya untuk melakukan sesuatu semakin bertambah. Hal-hal menakjubkan ini pun tentu akan mengejutkan Anda sebagai orangtua. Meskipun begitu, setiap anak memiliki kecepatan perkembangan yang berbeda-beda.

 

Oleh karena itu, menurut dr. Tanya R. Altmann, MD, penulis buku Mommy Calls, Anda perlu sedikit khawatir jika ternyata Si Kecil melewatkan 2 atau lebih perkembangan yang seharusnya ia alami. Dr. Altmann memberikan panduan bagaimana orangtua menghadapi perkembangan bayi selama 1 tahun pertama sebagai berikut:



 

Tidur Sepanjang Malam

Umumnya bayi yang sudah berusia lebih dari 4 bulan, terlelap 6-8 jam setiap malam tanpa terbangun. Dan, pada usia 8 bulan, bayi rata-rata tidur 8-10 jam. Kondisi ini terjadi secara alami dan Moms hanya perlu membiarkan Si Kecil tidur.

Anda juga perlu mengatur jadwal menyusui agar ia tidur lebih teratur. Apabila ia terbangun dan menangis, biarkan ia tidur lagi sendiri. Dan jika Si Kecil tidak tidur sepanjang malam saat berusia 6-8 bulan, mungkin saja disebabkan karena ia tidak terbiasa.

Namun, apabila bayi terus menangis dan tidak bisa tertidur, Anda perlu mengkhawatirkan hal tersebut. Bisa jadi itu gejala reflux gastroesofagus atau masalah pada pencernaannya.

 



Tepuk Tangan

Ada bayi yang sudah bisa bertepuk tangan pada usia 6 bulan, namun sebagian besar memulai tepuk tangan pertamanya pada usia 8 dan 9 bulan.

Bertepuk tangan adalah hal yang cukup lama dipelajari bayi, karena itu Anda perlu mendorongnya dengan melakukan permainan. Apabila pada usia 1 tahun Si Kecil tidak bertepuk tangan atau melambaikan tangan, maka Anda perlu mencurigai hambatan tumbuh kembangnya.

 

Berdiri

Sebagian besar bayi akan berusaha untuk berdiri pada usia 9 hingga 12 tahun, namun sebenarnya Anda sudah bisa mendorong Si Kecil untuk mencoba berdiri pada usia 8 bulan. Dr. Altmann menyarankan agar sejak usia 6 bulan, bayi harus ditidurkan dalam bok bayi dengan ukuran yang cukup tinggi agar aman.

Jika pada usia 1 tahun ternyata buah hati Anda belum berusaha berdiri, belum tentu ada yang salah dengannya. Hanya saja, ia memerlukan stimulasi yang lebih banyak agar berani mencoba untuk berdiri di atas kakinya sendiri. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   anak,   tumbuh kembang,   tahun pertama








Cover Januari - Februari 2020