Mother&Baby Indonesia
Ini yang Dilakukan Bayi di Setahun Pertama Usianya (2)

Ini yang Dilakukan Bayi di Setahun Pertama Usianya (2)

Awalnya bayi mungil Anda hanya dapat memejamkan mata, menggeliat, dan menguap. Setelah melewati beberapa bulan, kemampuannya untuk melakukan sesuatu semakin bertambah. Hal-hal menakjubkan ini pun tentu akan mengejutkan Anda sebagai orangtua. Meskipun begitu, setiap anak memiliki kecepatan perkembangan yang berbeda-beda.

 

Oleh karena itu, menurut dr. Tanya R. Altmann, MD, penulis buku Mommy Calls, Anda perlu sedikit khawatir jika ternyata Si Kecil melewatkan 2 atau lebih perkembangan yang seharusnya ia alami. Dr. Altmann memberikan panduan bagaimana orangtua menghadapi perkembangan bayi selama 1 tahun pertama sebagai berikut:



 

Duduk Tanpa Bantuan

Dr. Altmann mengungkapkan pada usia 6 bulan, sekitar 50 persen bayi sudah bisa duduk meski harus disangga. Di usia 8 bulan, mereka baru bisa duduk sendiri. Agar buah hati kesayangan Anda dapat melalui proses ini dengan baik, Moms perlu membiarkan Si Kecil lebih banyak beraktivitas di lantai.

Dengan selalu menggendong dan mendudukkannya dalam ayunan atau kursi khusus bayi, ini bisa menghambat proses duduk Si Kecil. Jika pada usia 9 bulan, ia belum juga bisa menampakkan kemampuan duduk tanpa ditopang, Anda perlu mempertimbangkan Si Kecil agar menjalani terapi fisik.

 

Merangkak



Umumnya, bayi merangkak antara usia 6-9 bulan. Moms cukup mendorong Si Kecil melakukannya dengan memberinya banyak kesempatan bermain di lantai. Ikutlah bermain di lantai dan rangsang Si Kecil merangkak dengan memanggil atau memberikannya mainan.

Apabila buah hati Anda sama sekali tidak merangkak, jangan cemas, karena menurut dr. Altmann sebenarnya merangkak tidaklah termasuk tonggak perkembangan bayi. Ada banyak bayi yang bahkan tidak merangkak. Merangkak hanyalah sebuah metode bayi untuk berpindah tempat.

 

Menggenggam dan Memegang

Di usia 6 bulan, bayi sudah bisa menggunakan kedua tangannya untuk memegang sesuatu. Jika Anda memegang mainan di depan Si Kecil, maka ia akan mencoba untuk meraihnya. Untuk itu, Anda perlu menstimulasi kemampuan tersebut dengan menunjukkannya benda-benda yang menarik.

Perhatikan perkembangan kemampuan bayi hingga 12 bulan. Perhatikan apakah Si Kecil bisa mengambil potongan-potongan kecil makanan dari piringnya. Atau mungkin ia tidak bisa makan sendiri. Jika ya, maka Anda perlu berkonsultasi dengan dokter anak tentang kondisi buah hati Anda. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   anak,   tumbuh kembang,   tahun pertama