Mother&Baby Indonesia
Perhatikan Ini Agar Bayi Aman Merangkak

Perhatikan Ini Agar Bayi Aman Merangkak

Bayi yang sudah bisa merangkak akan memegang dan meraih semua benda yang terlihat olehnya. Semua barang tampak menarik buat Si Kecil, sehingga ia akan merasa perlu melihat, mengecek, bahkan merasakannya, Moms.

 

Nah, saat Si Kecil mulai merangkak, Anda sebaiknya memberikan pengawasan lebih ekstra. Cobalah beberapa tips berikut ini untuk keamanan Si Kecil saat ia mulai merangkak dan bereksplorasi, Moms.



- Gunakan pengaman pada meja dan sejumlah barang yang memiliki sudut tajam. Jika perlu, pindahkan barang-barang tersebut ke tempat lain untuk sementara waktu.

- Bila Anda mempunyai hewan peliharaan, jauhkan tempat makanannya dari jangkauan Si Kecil.

- Benda-benda pecah belah dan berbahan kimia harus dijauhkan dari jangkauan Si Kecil.

- Pastikan pintu selalu tertutup rapat, baik pintu keluar-masuk rumah, pintu kamar mandi, dan lainnya. Selain untuk membatasi area bermainnya, hal ini juga berguna untuk menghindarkannya dari risiko terjepit.



- Jika rumah Anda bertingkat, pertimbangkan penggunaan baby gate untuk mencegah akses ke tangga dan menghindarinya naik turun tangga.

- Pasang stop kontak berpenutup khusus pada peralatan elektronik di rumah, agar Si Kecil tidak memasukkan jari ke dalamnya. Amankan juga kabel-kabel listrik dari jangkauan anak.

- Hindari menaruh barang-barang di tepi meja karena bisa jatuh dan menimpa si kecil.

- Jika si kecil memiliki kakak, pastikan ia membereskan mainannya setelah selesai bermain. Jika perlu, cek lagi agar tidak ada mainan yang tertinggal di lantai. (Susanto Wibowo/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   merangkak










Cover Mei-Juni-Juli 2020