Mother&Baby Indonesia
Ini Penyebab Anak Terlambat Tumbuh Gigi

Ini Penyebab Anak Terlambat Tumbuh Gigi

Normalnya, seorang anak akan mengalami proses tumbuh gigi saat memasuki usia 1 tahun. Namun tak jarang, Si Kecil mengalami keterlambatan saat seharusnya tumbuh gigi. Perlu Anda ketahui bahwa faktor genetik berperan penting dalam pertumbuhan gigi-geligi Si Kecil.

 

Dr. Rouli Nababan, Sp.A, dari KiddieCare Centre, Jakarta, menjelaskan bahwa rata-rata, gigi pertama anak tumbuh di rentang usia 6-12 bulan. Jika gigi pertamanya tumbuh di atas usia 12 bulan, biasanya akan ada beberapa gigi yang tumbuh sekaligus.



 

Jika di atas usia 12 bulan tak ada tanda-tanda gigi tumbuh, sebaiknya Anda segera membawa Si Kecil ke dokter gigi. Dokter akan melakukan rontgen untuk melihat apakah ada benih gigi atau tidak. Bila ada salah satu orangtua yang giginya tumbuh lebih dari usia 12 bulan, ada kemungkinan Si Kecil juga mengalami keterlambatan tumbuh gigi.



 

Anda juga perlu tahu bahwa tidak ada obat yang dapat mempercepat tumbuh gigi Si Kecil. Namun, Anda bisa melatih Si Kecil dengan menggunakan teether dan berikan makanan sesuai tahapan usianya. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   anak,   tumbuh gigi










Cover Mei-Juni-Juli 2020