Home - Bayi - Tumbuh Kembang Bayi / 8 Agustus 2018 / Redaksi

Ini Alasan Bayi Menyukai Cermin

Apakah Moms pernah memberikan cermin kepada Si Kecil dan ia menjadi sangat senang? Ya, salah satu kesukaan bayi adalah bercermin. Ada alasan di balik itu. Ketika melihat cermin, ia tidak sadar kalau wajah itu adalah wajahnya sendiri, maka ia berusaha untuk tersenyum, tertawa, dan menunjukkan wajah yang ekspresif.

 

Bayi sangat menyukai wajah-wajah manusia yang menarik, bahkan dengan wajahnya sendiri. Namun pada saat usianya mencapai 9 bulan, ia akan mulai menyadari dan mengerti bahwa wajah yang ada di cermin tersebut adalah wajahnya sendiri.

 

“Interaksi sederhana bayi dengan cermin bisa mengembangkan keterampilannya serta bisa mendorong keterlibatan sosial dan interaksi dengan orang lain. Setiap orang belajar untuk membaca wajah orang lain dan ekspresinya, begitu pun dengan bayi yang belajar melalui cermin,” ujar Dr. Ari Brown, dokter anak dan penulis buku Baby 411: Clear Answers and Smart Advice for Your Baby's First Year.

 

Untuk mengasah kemampuan sosial dan interaksi Si Kecil, Anda bisa mengajaknya bermain dengan cermin sambil berbicara dengannya, seperti, “Siapa itu bayi yang ada di cermin?” Namun tetap pastikan posisi cermin berada di tempat yang aman dan tidak memiliki ujung yang tajam untuk tetap menjaga keamanan Si Kecil ya, Moms. (M&B/SW/Dok. Freepik)

share to BBM


RELATED ARTICLE

Ini Sebabnya Bayi Menyukai Anak Kecil Lain

Ukur Emosi Si Kecil Yuk, Moms!

Yoga Untuk Bayi



OTHER ARTICLES

Tips Memilih Botol untuk Buah Hati

Waspada! Picky Eater Bisa Sebabkan Stunting pada Anak

Bayi Ini Bangunkan Ibunya yang Koma selama 23 Hari

Mengajari Anak Cara Menerima Kekalahan

Moms, Ini Perubahan Positif pada Tubuh Usai Melahirkan