Home - Bayi - Tumbuh Kembang Bayi / 6 Agustus 2018 / Redaksi

Pekan ASI Sedunia: ASI Sebagai Pondasi Kehidupan

ASI merupakan gizi utama bagi bayi. Asupan gizi yang optimal saat bayi sangat menentukan kualitasnya sebagai seorang individu. Menyadari peran penting ini, Pekan ASI Sedunia dibuat sebagai aksi bersama agar masyarakat dunia terus mendukung konsumsi ASI bagi bayi. Sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 1982, Pekan ASI Sedunia selalu digelar pada tanggal 1 hingga 7 Agustus.

 

Sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap Pekan ASI Sedunia, Komunitas Exclusive Pumping Mama Indonesia (EPING Mama), menyelenggarakan talkshow bertajuk “ASI Sebagai Pondasi Kehidupan & Cerdas Menghadapi Demam Pada Anak” pada 4 Agustus lalu.

 

Di talkshow ini, dr. R. Lia Mulyani, Sp.A., mengatakan bahwa setiap ibu harus memprioritaskan ASI dibandingkan susu formula. Ini karena beberapa manfaat yang dikandung oleh ASI, antara lain:

1. Menyediakan semua nutrisi untuk pertumbuhan dan perkembangan optimal.

2. Menyediakan cukup cairan bagi tubuh bayi.

3. Memberikan perlindungan terhadap infeksi dan alergi.

4. Meningkatkan bonding (ikatan) antara Moms dan Si Kecil.

Menurutnya, ASI merupakan pondasi awal kehidupan manusia karena perkembangan bayi sangat dipengaruhi oleh asupan ASI. Tapi, tak jarang pemberian ASI menjadi sulit dilakukan karena beberapahal. Maka, ia memberikan tips agar sukses menyusui, antara lain:

1. Ibu merasa senang tentang dirinya (happy breastfeeding).

2. Teknik menyusui yang benar, yaitu posisi bayi yang siap menyusu.

3. Bayi menyusu sesering dan selama ia mau.

4. Perah ASI saat ibu berhalangan menyusui (bekerja atau bayi dirawat).

5. Dukungan lingkungan dan keluarga (terutama suami).

6. Pilih fasilitas kesehatan yang mendukung pemberian ASI (IMD & Rawat gabung).

 

Tak hanya itu, disampaikan pula pentingnya memahami demam pada anak, agar tidak menimbulkan panik serta salah penanganan. “Perlu diingat bahwa demam bukanlah sebuah penyakit, namun kondisi di mana tubuh sedang berperang melawan penyakit,” ujar dr. Arifianto, Sp.A.. Ia juga menyatakan yang utama adalah memahami gejala lain yang muncul bersamaan saat demam terjadi, karena ini menjadi tanda sebuah penyakit tertentu.

 

Karena itu, ia menekankan pentingnya asupan ASI bagi Si Kecil karena dapat menyokong perkembangan imun optimal. Imun yang optimal dapat bekerja efektif memerangi infeksi berbahaya saat demam.

 

Kegiatan ini diikuti penuh semangat oleh para peserta, dapat dilihat dari antusiasme peserta dalam merespons dengan berbagai pertanyaan seputar ASI dan demam.

 

Selamat Pekan ASI Sedunia, Moms! Jangan lupa berikan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama dan lanjutkan hingga 2 tahun ya, Moms! (Gabriela Agmassini/SW/Dok. M&B)

share to BBM





RELATED ARTICLE

Tips Agar Anda Tak Perlu Repot Saat Anak Makan Sendiri

4 Cara Seru Untuk Mentimulasi Kecerdasan Anak

Gerakan Pijat Bayi Nasional Ajak Ibu Pijat Bayi Sendiri



OTHER ARTICLES

Ajarkan Sportivitas pada Anak Lewat Asian Games

4 Cara Seru Rayakan Hari Kemerdekaan RI

Suami Jadi Ayah Rumah Tangga, Setuju atau Tidak?

Tips Jalin Hubungan Baik dengan Dokter Kandungan

Tips Memilih dan Memasang Car Seat untuk Balita