Mother&Baby Indonesia
Cara Memilih Produk yang Aman Untuk Bayi

Cara Memilih Produk yang Aman Untuk Bayi

Sebagai orangtua, tentu Moms ingin memberikan yang terbaik untuk perlindungan Si Kecil. Alhasil, tak jarang Anda menjadi sedikit “pemilih” untuk memberikan produk perlindungan terbaik khususnya untuk bayi.

 

Banyaknya produk perlindungan untuk Si Kecil, seperti produk perawatan kulit dan produk pembersih peralatan makan, yang dijual di pasaran dengan segala kelebihan pada masing-masing produk, tentu membuat Anda bingung memilih yang terbaik untuk Si Kecil.



 

Dalam acara #1000HariPerlindungan bersama Sleek Baby beberapa waktu lalu, dokter spesialis anak dari Rumah Sakit Brawijaya, dr. Natia Anjasari, memberikan tipsnya dalam memilih produk-produk terbaik untuk melindungi Si Kecil.

“Untuk produk kulit yang pasti harus ada uji klinis, atau dermatologically tested, dan terbuat dari bahan alami. Untuk peralatan makan, memang harus ada food grade agar aman untuk bayi. Selain itu, untuk mencuci pakaian bayi tidak boleh memakai pemutih dan pelembut. Karena biasanya pelembut dan pemutih itu akan membuat kulit Si Kecil iritasi,” ujarnya.

 

Jadi untuk perlindungan Si Kecil, tentu Anda harus memilih yang terbaik dan tidak bisa menyamakannya dengan produk-produk untuk orang dewasa. Karena jika Moms salah memilih produk perlindungan untuk bayi, misalnya salah memilih detergen, tentunya akan berdampak buruk pada Si Kecil.



 

“Kalau kita salah memilih detergen, yang ditakutkan adalah pada anak yang memiliki kulit sensitif akan sering mengalami iritasi. Iritasi yang berulang akan menyebabkan infeksi sekunder” tambah dr. Natia.

 

Infeksi sekunder bisa terjadi karena pada dasarnya kulit manusia tidak pernah steril, selalu ada bakteri tetapi jumlahnya dalam batas normal. Jika kulit mengalami iritasi berlebihan sehingga menjadi luka, ini akan memudahkan bakteri masuk ke luka tersebut sehingga menyebabkan infeksi bakteri di kulit.

 

Karena mayoritas kulit bayi sensitif, Moms pun harus lebih cermat dan bijak memilih produk untuk Si Kecil. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik, M&B)



Tags: bayi,   perawatan bayi,   produk bayi








Cover Januari - Februari 2020