Mother&Baby Indonesia
Cara Cegah Ruam Popok Pada Bayi

Cara Cegah Ruam Popok Pada Bayi

Jika Moms menemukan bintik-bintik merah di daerah tubuh Si Kecil yang tertutup popok, berarti ia mengalami ruam popok. Bagian tubuh yang kerap terkena ruam popok adalah daerah sekitar alat kelamin, bokong, dan pangkal paha bagian dalam.

 

Ruam popok ini akan terasa gatal, sehingga membuat bayi merasa sakit, gelisah, tidak nyaman, dan rewel. Kondisi ini bisa terjadi karena kulit bayi yang masih sangat sensitif dan mudah iritasi. Ruam sendiri bisa muncul jika kulit bayi yang lembap karena keringat atau sisa urine bergesekan dengan popok.






Cara mencegah ruam popok


Ruam akan mudah muncul jika Moms terlambat mengganti popok atau memilih popok yang permukaannya kasar. Namun, ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk mencegah ruam popok pada Si Kecil. Berikut cara dari M&B yang dapat Anda ikuti:

  • Ganti popok Si Kecil sesering mungkin, jangan biarkan menjadi lembap.
  • Bersihkan secara lembut. Pastikan bokong dan lipatan-lipatan kulit bayi dalam keadaan kering sebelum Si Kecil dipakaikan popok.
  • Pilih popok yang berbahan lembut dan memiliki daya serap tinggi.
  • Biarkan bayi sesekali tidak memakai popok.
  • Oleskan krim khusus ruam popok yang berbahan alami. Ini akan menjaga kesehatan dan kelembutan kulit bayi Anda, Moms. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   anak,   ruam popok








Cover Januari - Februari 2020