Mother&Baby Indonesia
Pertolongan Pertama Saat Anak Kejang

Pertolongan Pertama Saat Anak Kejang

Ketika Si Kecil demam tinggi, hal terburuk yang bisa terjadi adalah ia mengalami kejang. Sebelum itu terjadi, dr. Rouli Nababan, Sp.A menyarankan agar Anda melonggarkan pakaian atau lepas selimutnya, agar suhu tubuhnya tidak semakin tinggi. Kemudian, lakukan hal berikut:

 

1. Amankan area di sekitar anak berbaring. Jauhkan ia dari benda berbahaya (benda tajam, air, atau api) untuk menghindari cedera. Pastikan juga bahwa tubuh Si Kecil tidak terhalang bantal atau guling di dekatnya.



 

2. Baringkan anak di tempat datar dan pastikan ia tidak akan jatuh ke lantai. Posisikan Si Kecil dengan dagu diangkat ke atas dan kepala dalam posisi miring. Ini dilakukan untuk membuka jalan napasnya.

 



3. Jangan masukkan apa pun ke dalam mulutnya, seperti memberikan obat atau minum. Biarkan hingga Si Kecil sadar. Setelah itu, Anda baru bisa memberikan obat penurun panas untuk menurunkan suhu tubuhnya.

 

4. Catat berapa lama Si Kecil kejang. Jika perlu, rekam selama Si Kecil mengalami kejang dan saat kondisinya tidak membaik, segera bawa ia ke dokter. Rekaman tadi bisa menjadi acuan dokter untuk menentukan perawatan anak. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   anak,   sakit,   kejang










Cover Mei-Juni-Juli 2020