Mother&Baby Indonesia
Ketika Anak Sering Batuk di Malam Hari

Ketika Anak Sering Batuk di Malam Hari

Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya tumbuh dengan baik, sehat, dan mengalami perkembangan yang normal. Walaupun para orangtua sudah berjuang dengan keras, tetapi pasti ada saja gangguan kesehatan yang terjadi pada Si Kecil. Salah satunya ketika Si Kecil sering mengalami batuk di malam hari.

 

Menurut dr. Rouli Nababan, Sp. A, batuk adalah salah satu mekanisme pertahanan tubuh terhadap serangan dari luar. Batuk berguna untuk membersihkan jalan napas dari debu, kotoran, atau lendir berlebih. Batuk spontan juga dapat terjadi pada anak yang memiliki bakat alergi.



 

Jika Si Kecil alergi, ia akan batuk pada jam-jam tertentu seperti malam atau pagi hari. Batuk yang hebat dapat membuat Si Kecil refleks muntah, guna mengeluarkan lendir dari saluran pernapasan. Namun, bisa juga terjadi karena Si Kecil merasa mual akibat menelan dahak dalam jumlah banyak.



 

Sebaiknya, bawa Si Kecil ke dokter untuk mengetahui penyebab batuk secara spesifik, agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat. (M&B/MA/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak batuk,   kesehatan anak,   perawatan bayi








Cover Maret 2020