Home - Bayi - Perawatan Bayi / 12 Juli 2018 / Redaksi

Rotavirus, Penyebab Diare Si Kecil!

Diare merupakan penyakit umum yang dialami bayi. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat, Rotavirus merupakan salah satu virus yang sering menjadi penyebab diare pada bayi dan anak di seluruh dunia. Diare yang disebabkan oleh rotavirus memang sulit dibedakan dengan diare pada umumnya.

 

Gejala

Menurut Mayo Clinic, gejala diare dapat muncul dalam 2 hari setelah terkena rotavirus, ditandai dengan demam dan muntah, diikuti dengan diare selama tiga hingga tujuh hari. Selain itu, Si Kecil juga memperlihatkan gejala seperti kelelahan, rewel, sakit perut, hingga dehidrasi.

 

Penularan

Rotavirus menyebar melalui fecal-oral. Virus ini bisa masuk ke mulut Si Kecil ketika ialupa mencuci tangan sebelum makan atau setelah menggunakan toilet. Penularan juga bisa terjadi ketika ia menyentuh benda yang terkontaminasi rotavirus, kemudian menyentuh area mulutnya.

 

Apa saja gejala dan penularan lainnya, serta bagaimana cara mencegah dan mengatasi diare rotavirus ini? Apa yang sebaiknya Moms waspadai saat Si Kecil terkena penyakit ini? Anda bisa baca artikel lengkapnya di Majalah Mother&Baby Indonesia edisi Juli 2018. Dapatkan majalahnya sekarang ya, Moms! (M&B/Binar Murgati P./SW/Dok. Freepik)

share to BBM


RELATED ARTICLE

Jika Bayi Terkena Infeksi Telinga

Bahaya Menjemur Bayi Tanpa Perlindungan

Mana Lebih Baik, Vaksin Dengan Demam Atau Tanpa Demam?



OTHER ARTICLES

6 Tips untuk Kembalikan Energi Anda

Kuis: Apa Jenis Picky Eater yang Dialami Anak Anda?

Waspada! Sering Mencium Bayi bisa Sebabkan Meningitis

Cara Mengatasi Biang Keringat pada Bayi

Angelique Widjaja: Tanamkan Kesopanan pada Anak