Mother&Baby Indonesia
Atasi Kolik Bayi Dengan Daun Kemangi

Atasi Kolik Bayi Dengan Daun Kemangi

Setelah menyusui, tak jarang Si Kecil mengalami kolik. Situasi ini biasanya dikaitkan dengan kondisi gas yang menumpuk pada perut bayi sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman. Atau mungkin juga karena pola makan Moms yang kurang tepat dan memengaruhi kualitas ASI.

 

Lalu, bagaimana cara menenangkan Si Kecil yang sedang kolik? Daripada menggunakan bahan kimia, Moms bisa memakai daun kemangi untuk mengatasinya. Daun kemangi memiliki kandungan eugenol, salah satu jenis zat penenang, sehingga baik jika diberikan pada Si Kecil yang sedang kolik.



 

Moms bisa mengolah daun kemangi untuk menenangkan bayi dengan 2 cara:



1. Jadikan daun kemangi sebagai obat oles untuk perut Si Kecil. Campurkan 1 sendok makan daun kemangi yang sudah dihancurkan dengan air sedikit demi sedikit, hingga menjadi pasta kental. Kemudian, usapkan pasta tadi pada area sekitar pusar dan perut bayi. Setelah mengering, lap dengan lembut menggunakan tisu basah.

2. Karena masih menyusui, maka Moms juga harus menjaga kualitas ASI. Salah satu caranya, Anda bisa membuat teh yang dihasilkan dari remahan daun kemangi yang sudah dikeringkan. Rendam 1 sendok teh daun kemangi kering ke dalam secangkir air hangat selama 10 menit. Anda bisa minum air seduhan ini 2 sampai 3 kali sehari untuk menjaga kualitas ASI tetap baik. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   kolik,   daun kemangi