Home - Bayi - Berita Tentang Bayi / 12 Juli 2018 / Redaksi

Babysitter Ceroboh, Bayi Cedera

Moms, pastikan Anda benar-benar mengenal orang yang menjaga Si Kecil, walaupun hanya untuk menjaganya beberapa jam saja. Jangan sampai Anda mengalami pengalaman pahit seperti kisah berikut ini. Akibat kecerobohan seorang pengasuh atau babysitter, seorang bayi berusia 3 bulan cedera hingga masuk rumah sakit dan mengalami hal yang menyedihkan.

 

Kabar yang menjadi viral ini berawal dari seorang ibu yang membagikan kisahnya di sebuah akun instagram @vonvon_7. Ia tengah sedih karena buah hatinya mengalami cedera sehingga harus masuk rumah sakit akibat babysitter yang merawatnya bersikap ceroboh. Tidak hanya itu, sang pengasuh pun berbohong kepadanya.

 

Sang ibu bercerita bagaimana Manuel, bayinya yang berusia 3 bulan tersebut, mesti mendapat perawatan di rumah sakit lantaran tindakan ceroboh babysitter yang merawatnya.

 

Awalnya, sang pengasuh sedang ditugasi untuk menjemur Si Kecil. Namun tak berapa lama, terdengar suara seperti sesuatu jatuh cukup kencang. Sang ibu pun segera berlari menghampiri asal suara dan mendapati Si Kecil menangis keras. Tapi babysitter mengatakan kepada sang ibu bahwa tidak ada kejadian apa-apa, Manuel menangis karena ingin tidur, sambil berlalu dan menutupi kepala bayi mungil tersebut.

 

Karena tidak percaya begitu saja, sang ibu langsung mengambil buah hatinya dari gendongan babysitter dan ia sangat shock mendapati ada benjol besar di kepala Si Kecil. Ia berusaha memaklumi kecelakaan yang terjadi.

 

Si Kecil pun segera dibawa ke rumah sakit terdekat. Sesampai di rumah sakit, Manuel mengalami pendarahan di telinga akibat terjatuh tadi. Sang ibu semakin kaget saat dokter mengatakan Manuel mengalami luka serius. Ia lalu mendesak babysitter untuk menceritakan secara jujur apa yang telah terjadi. Di akhir cerita, sang ibu menutup curhatannya dengan kesimpulan bahwa pengasuhnya telah berbohong dan meminta kepada para ibu lain agar tidak terlalu mempercayakan anak kepada babysitter.

Nah, Moms, agar kejadian tersebut tidak terulang kembali, Anda mesti benar-benar memastikan mengenal orang yang menjaga Si Kecil. Berikut ini tips dalam memilih babysitter atau pengasuh agar ia bisa dipercaya menjaga dan mengasuh buah hati Anda:

- Lakukan persiapan mencari dan menyeleksi babysitter minimal 1 bulan sebelum Anda beraktivitas kembali. Dengan demikian, Anda punya cukup waktu untuk menilai sikap dan cara kerja pengasuh dan merasa yakin bahwa ia sigap dalam menangani Si Kecil serta punya rasa sayang dan peduli yang besar pada bayi Anda.

- Pilih babysitter yang sudah dewasa secara usia dan penampilan, punya pengalaman cukup, dan memiliki kematangan emosi.

- Lakukan interview dengan calon pengasuh soal pengalamannya dalam merawat bayi, tanyakan bagaimana keterampilannya, seperti saat memandikan bayi, mengganti popok, menggendong, memberikan ASI, menidurkannya dan lain-lain. Jika perlu, minta ia memeragakan hal-hal tersebut pada Anda.

- Tanyakan juga bagaimana tindakannya saat bayi menangis, rewel, demam, atau cedera karena terantuk atau jatuh. Ini untuk mengetahui bagaimana ia menangani masalah yang bisa terjadi pada bayi Anda nanti.

- Perhatikan penampilan babysitter. Pilih pengasuh yang memiliki wajah, tubuh, rambut, dan cara berpakaian rapi dan bersih.

- Perhatikan juga riwayat kesehatannya. Bila perlu, Moms bisa memeriksakan kondisi kesehatannya di rumah sakit.

- Anda boleh saja baik dan ramah pada pengasuh, tetapi Anda juga perlu untuk bersikap tegas, terutama saat ia mengasuh dan merawat Si Kecil untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

- Latih babysitter dan perhatikan cara kerja mereka setidaknya selama 2 minggu agar Anda tahu bagaimana caranya dalam menangani Si Kecil.

- Selalu ingatkan babysitter untuk langsung menghubungi Anda atau pasangan Anda jika ia mengalami masalah dalam mengasuh Si Kecil

- Ingatkan juga babysitter untuk selalu berterus terang dan jujur pada Anda dan suami mengenai kondisi bayi dan tidak menutup-nutupinya. Katakan padanya Anda sangat menghargai kejujurannya dan tidak ingin ia berbohong sekecil apa pun soal Si Kecil.

 

Semoga tips tersebut bisa membantu Anda dalam memilih babysitter untuk membantu Anda mengasuh Si Kecil, Moms. (Susanto Wibowo/Dok. Freepik)

share to BBM


RELATED ARTICLE

Perjuangan Lalita Melawan Hidrosefalus

Dilaporkan Hilang, Bayi Ini Meninggal di Dalam Kulkas

Viral: Bayi Ini Tidak Menangis Setelah Disuntik



OTHER ARTICLES

Menyusui di Ruang Publik, Setuju atau Tidak?

Kiat Sukses Inisiasi Menyusui Dini

Fakta Tentang Persalinan Caesar yang Wajib Diketahui

Tips Menjemur Bayi yang Aman dan Tepat

Fakta Tentang Persalinan Normal yang Wajib Diketahui