Mother&Baby Indonesia
Rasa Nyeri Tak Kunjung Hilang Pasca Persalinan Caesar

Rasa Nyeri Tak Kunjung Hilang Pasca Persalinan Caesar

Jika proses persalinan tidak memungkinkan untuk dilakukan secara normal, maka tindakan operasi Caesar pun diberlakukan. Dan tak jarang para Moms yang menjalani operasi ini merasakan nyeri seperti ditusuk-tusuk selama beberapa waktu.

 

Hal ini tentu mengganggu kenyamanan sang ibu, apalagi masih harus mengurus Si Kecil setelah dipulangkan ke rumah. Ini disebabkan karena Anda sedang masuk proses recovery yang terkadang dapat menimbulkan rasa nyeri.



 

Rasa nyeri ini timbul selama masa penyembuhan luka operasi Caesar yang membutuhkan waktu sekitar 3-6 bulan hingga sembuh total. Sedangkan penyembuhan luka jahitan pada perut membutuhkan waktu 3-4 minggu.

 



Udara yang dingin, gerakan, dan aktivitas yang melibatkan dinding perut, dapat menimbulkan nyeri karena otot perut Anda berkontraksi. Namun, rasa nyeri akan berkurang secara perlahan. Anda bisa melakukan beberapa hal seperti berendam di air hangat untuk mengurangi rasa nyeri tersebut.

 

Perlu diingat bahwa selama masa penyembuhan, Anda tidak dianjurkan untuk mengangkat barang berat dan menekan perut agar tidak menyebabkan luka terbuka kembali. Selain itu, daerah bekas luka operasi perlu dijaga agar tetap kering dan bersih. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: persalinan,   melahirkan,   caesar








Cover Januari - Februari 2020