Mother&Baby Indonesia
Hari Ini Uji Coba Perluasan Sistem Ganjil Genap

Hari Ini Uji Coba Perluasan Sistem Ganjil Genap

Moms dan Dads, buat Anda yang tinggal dan bekerja di Jakarta, Anda perlu mengetahui informasi ini bahwa dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan Asian Games 2018 serta untuk pemenuhan target waktu tempuh Atlit dari Wisma Atlit ke venue yang dipersyaratkan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan DKI Jakarta bersama-sama Ditlantas Polda Metro Jaya dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) akan memperluas kawasan pembatasan lalu lintas Ganjil Genap.

 

Uji coba perluasan sistem ganjil genap di sejumlah ruas jalan di DKI Jakarta dimulai hari ini, 2 Juli 2018. Perluasan ini diterapkan untuk mengantisipasi kemacetan saat pelaksanaan Asian Games 2018, Agustus mendatang.



 

Uji coba perluasan sistem ganjil genap ini berlangsung hingga 31 Juli 2018 sebelum diterapkan penuh pada awal Agustus. Asian Games sendiri akan dimulai pada 18 Agustus 2018. Perluasan sistem ganjil genap diberlakukan di ruas jalan di mana terdapat arena untuk menggelar pertandingan Asian Games.

 

Sistem ganjil genap ini akan berlaku setiap hari Senin sampai Minggu dalam kurun waktu 15 jam per harinya, mulai pukul 06.00 WIB-21.00 WIB. Namun, sistem ini tak berlaku untuk sepeda motor, kendaraan pimpinan lembaga Republik Indonesia, kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing, kendaraan dinas operasional berpelat dinas, kendaraan atlet dan ofisial yang bertanda khusus Asian Games, pemadam kebakaran, ambulans, dan kendaraan umum berpelat kuning.

 

Dengan perluasan sistem ganjil genap tersebut, diharapkan bisa memangkas waktu tempuh para atlet menuju ke venue atau tempat penyelenggaraan Asian Games.

 

Adapun ruas jalan uji coba perluasan kawasan pembatasan lalu lintas Ganjil Genap, yaitu:

- Jalan Medan Merdeka Barat

- Jalan MH. Thamrin

- Jalan Jenderal Sudirman



- Jalan Sisingamangaraja

- Jalan Jenderal Gatot Subroto (simpang Kuningan – simpang Slipi)

- Jalan Jenderal S Parman (simpang Slipi – simpang Tomang)

- Jalan MT Haryono (simpang UKI – simpang Pancoran – simpang Kuningan)

- Jalan HR Rasuna Said

- Jalan Jenderal DI Panjaitan (simpang Pemuda – simpang Kalimalang – simpang UKI)

- Jalan Jenderal Ahmad Yani (simpang Perintis – simpang Pemuda)

- Jalan Benyamin Sueb (simpang Benyamin Sueb – Kupingan Ancol) dan

- Jalan Metro Pondok Indah (simpang Kartini – Bundaran Metro Pondok Indah – simpang Pondok Indah – simpang Bungur – simpang Gandaria City – simpang Kebayoran Lama)

- Jalan RA Kartini.

 

Karena itu, Moms dan Dads agar dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan serta mengutamakan keselamatan di jalan. Namun, Moms dan Dads tidak perlu khawatir karena jalur alternatif akan disediakan untuk warga di sekitar jalan yang diberlakukan jalur ganjil genap. (Susanto Wibowo/Dok. Freepik)



Tags: sistem ganjil genap,   lalu lintas,   asian games,   jakarta










Cover Mei-Juni-Juli 2020