Mother&Baby Indonesia
Widi Mulia Ajak Ibu Belajar Seni Menyusui

Widi Mulia Ajak Ibu Belajar Seni Menyusui

Tahukan Anda, menurut data World Health Organization (WHO), sebesar 53% penyebab kematian bayi berasal dari kurangnya nutrisi pada bayi di masa vital, yakni saat perkembangan otak di periode emas kehidupannya. Praktik pemberian makan yang berkontribusi pada kematian bayi terkait malnutrisi terdiri dari pemberian ASI eksklusif kurang dari 4 bulan, pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) yang terlalu dini atau terlambat, dan MPASI yang diberikan tidak memenuhi kebutuhan zat gizi, baik secara kualitas maupun kuantitas serta tidak higienis.

 

Faktor utama yang memengaruhi kesalahan dalam menyusui ini disebabkan akibat kurangnya edukasi yang diterima oleh ibu. Hal serupa juga diamini oleh penyanyi Widi Mulia saat berbagi pengalamannya dalam memberikan ASI ekslusif.



 

“Dalam perjalanan menyusui, saya kerap mencari informasi melalui teman yang juga menyusui dan saling mendukung untuk memberikan ASI ekslusif. Kampanye Gembira Menyusui dari Mothercare merupakan wadah yang tepat bagi para ibu untuk dapat berbagi satu sama lain dan mengetahui seni tentang menyusui,” ujar ibu dari tiga orang anak ini.

 

Dr. Elizabeth Yohmi Sp.A, Ketua SATGAS ASI Indonesia juga menyatakan, “ASI Ekslusif pada bayi merupakan suatu hal yang wajib bagi ibu yang mampu menjalankannya dan merupakan hak bayi untuk mendapatkannya. Para ibu dan orangtua diharapkan bisa melek informasi dan mengerti akan pentingnya ASI bagi kehidupan bayi guna mengurangi angka kematian pada bayi karena ketidaktahuan akibat praktik yang salah dalam pemberian nutrisi bagi bayinya.”

 

Sesuai dengan alasan tersebut, pada momen menyambut Pekan ASI Sedunia tanggal 1-7 Agustus, Mothercare Indonesia memberikan edukasi pada ibu dan calon ibu mengenai pentingnya memberikan ASI ekslusif dan informasi penting dalam proses menyusui.

 



SATGAS ASI mengapresiasi upaya dari Mothercare Indonesia yang turut menyuarakan kampanye mengenai pentingnya ASI dengan menghadirkan informasi-informasi yang bermanfaat bagi para orangtua.

 

Sementara itu, menanggapi kampanye terbarunya, Lina Paulina, Vice President Mothercare Indonesia mengatakan, “Kampanye Gembira Menyusui dilatarbelakangi oleh komitmen kami untuk selalu memenuhi kebutuhan para pelanggan dan selalu hadir dalam perjalanan parenting bagi para ibu di Indonesia. Kampanye ini bertujuan memberikan cara baru bagi ibu untuk menikmati proses menyusui dan menginspirasi satu sama lain. Salah satu cara yang kami lakukan adalah dengan menyediakan informasi dengan sumber yang dapat dipercaya dengan cara yang lebih menyenangkan.”

 

Selain Kampanye Gembira Menyusui, bentuk dukungan lainnya yang diberikan oleh Mothercare adalah melalui promo pada produk-produk pendukung bagi perjalanan menyusui ibu, seperti feeding pillow, breast pump, dan berbagai vitamin untuk keperluan menyusui. Promo ini dapat ditemukan di gerai Mothercare seluruh Indonesia.

 

Kampanye Gembira Menyusui berlangsung pada tanggal 12 Juli-12 Agustus 2018 di media sosial Instagram Mothercare dengan cara mengirimkan post tentang cerita menyusui dari para ibu dengan syarat tag ke @mothercareindo dan menggunakan hashtag #gembiramenyusui. Para pemenang dengan cerita terpilih berhak mendapatkan 2 buah breast pump Spectra, 1 buah stroller, dan hadiah hiburan. (Binar MP/SW/Dok. Mothercare)



Tags: pekan asi,   kampanye gembira menyusui,   asi eksklusif,   menyusui