Mother&Baby Indonesia
10 Tips Ibu Hamil Datang ke Art Jakarta

10 Tips Ibu Hamil Datang ke Art Jakarta

Pameran seni Art Jakarta 2018 akan diselenggarakan pada 2-5 Agustus mendatang di Grand Ballroom, The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place, Jakarta. Untuk Anda Moms penyuka seni, event ini bisa jadi pilihan untuk kegiatan akhir pekan Anda.

 

Art Jakarta 2018 bisa dikunjungi oleh siapa saja, termasuk untuk Anda, ibu hamil. Namun, sebelumnya, untuk kenyamanan dalam menikmati karya seni yang ada, Mother&Baby Indonesia ingin berbagi 10 hal yang sebaiknya ibu hamil perhatikan saat datang ke pameran seni, seperti berikut ini:



 

1. Pilih Pakaian yang Nyaman

Saat hamil, volume darah di dalam tubuh bertambah dan mengalir lebih cepat sehingga suhu tubuh akan sedikit meningkat. Keberadaan janin juga menghasilkan energi ekstra sehingga membuat Moms mudah kepanasan, berkeringat, dan tidak nyaman. Untuk itu, pilihlah busana casual yang membuat Anda nyaman selama berada di pameran. Pilihlah pakaian longgar berbahan katun. Pakaian longgar akan memudahkan udara tersikulasi dengan baik dan bahan jenis katun mampu menyerap keringat. Jangan lupa untuk membawa pakaian cadangan, simpan di bagasi kendaraan agar Anda bisa berganti pakaian bila merasa tidak nyaman dengan pakaian yang dikenakan.

 

2. Hindari Sepatu Berhak Tinggi

Seperti halnya bagian tubuh lainnya, jaringan pengikat sendi pada kaki melunak dan meregang saat hamil. Karena itu, pakailah sepatu yang sesuai dan membuat Anda merasa nyaman. Gunakan sepatu bertumit rendah dan tidak runcing atau tanpa hak sama sekali. Hindari penggunaan sepatu berhak tinggi karena berisiko membuat keseimbangan tubuh Anda memburuk dan akan membuat Anda cepat lelah dan pegal selama berkeliling ruang pameran. Flatshoes atau sneakers bisa jadi pilihan buat Anda. Pilih yang serasi dengan warna busana yang Anda kenakan.

 

3. Tidak Membawa Tas Besar

Bawalah barang-barang yang dibutuhkan secukupnya dan taruh di dalam sebuah tas kecil atau sedang. Barang-barang lainnya bisa Anda tinggalkan di dalam mobil. Tidak perlu membawa tas berukuran besar. Selain akan merepotkan Anda dan membuat Anda kelelahan karena bebannya yang berat, tas yang Anda bawa juga bisa mengganggu pengunjung lain dan bukan tidak mungkin saat Anda membalikkan tubuh, tas menyenggol karya seni yang dipamerkan sehingga terjatuh dan rusak.

 

4. Sedia Air Putih

Untuk ibu hamil, dehidrasi lebih mudah dialami. Rasa panas yang diakibatkan oleh permukaan tubuh yang membesar dan suhu tubuh yang meningkat membuat keringat keluar lebih banyak daripada biasanya. Karena itu, selalu sediakan air putih dengan kemasan kecil dalam tas Anda ya, Moms. Jangan sampai Anda kehausan dan tidak sempat minum.

 

5. Membawa Camilan

Selama hamil, Anda harus menjaga asupan makanan untuk diri sendiri dan janin, Moms. Ibu hamil pasti mudah lapar. Selain makanan utama, camilan sehat pun wajib menjadi pilihan. Karena itu, Anda sebaiknya menyiapkan cadangan camilan bila sewaktu-waktu ingin makan. Tidak ada salahnya Anda membawa makanan kecil seperti roti, kacang, biskuit, atau buah di dalam tas Anda. Namun, untuk pastinya, Anda sebaiknya tanyakan dulu pada panitia, apakah diperkenankan untuk membawa masuk makanan ke dalam pameran seni. Jika tidak boleh, Anda bisa titipkan ke panitia dan saat merasa lapar, Anda dapat mengambilnya dan memakannya di luar ruang pameran.

 



6. Menyiapkan Obat-Obatan

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, siapkan juga obat-obatan yang aman untuk dikonsumsi ibu hamil, seperti obat demam atau pusing, dan taruh di dalam pouch khusus di tas Anda.

 

7. Cari Tahu Tempat 'Strategis'

Saat hamil, perubahan hormon dan kapasitas kandung kemih berkurang akibat kondisi rahim yang membesar. Karena itu, Anda akan sering merasa perlu buang air kecil. Nah Moms, saat hendak masuk ke ruangan pameran, ada baiknya Anda mencari informasi di mana letak toilet. Ini untuk menjaga agar Anda tidak terburu-buru saat ingin pergi ke toilet.

 

8. Berfoto dan Selfie

Berfoto dalam kondisi hamil di depan sebuah karya seni bisa jadi karya yang memorable buat Anda. Anda tidak dilarang foto bersama atau selfie dengan karya seni, tapi pastikan posisi Anda tidak terlalu dekat dengan karya seni sehingga malahan menghalangi orang-orang yang ingin melihat karya seni di belakang Anda tersebut. Jangan juga mengambil foto dengan lampu flash, karena cahayanya bisa mengakibatkan efek buruk dan rusaknya sebuah karya seni, terutama lukisan.

 

9. Ikut Diskusi Tentang Seni

Berkeliling melihat-lihat karya seni yang dipamerkan biasanya akan membuat ibu hamil lelah. Tidak jarang kaki terasa pegal dan terlihat membengkak saat berjalan. Sebaiknya, carilah tempat duduk dan sandarkan kaki pada kursi kecil agar kaki terasa nyaman. Sambil beristirahat, Anda juga bisa ikutan creative talk yang ada di event Art Jakarta 2018 ini. Selain menghilangkan rasa pegal dan lelah, Anda bisa menambah pengetahuan mengenai dunia seni dengan ikutan acara tersebut.

 

10. Mencoba Workshop

Bosan dan capek berkeliling melihat berbagai karya seni yang ada, Moms bisa mencoba ikutan creative workshop yang terdapat di Art Jakarta 2018 ini. Ada sejumlah creative workshop yang bisa Anda ikuti, misalnya Painting on Clutch, Printmaking, Ceramic Painting, dan Ceramic Making. Ikutan acara ini pastinya bisa menambah pengalaman baru bagi Anda, Moms.

 

Nah, selamat menikmati acara Art Jakarta 2018, Moms! (Susanto Wibowo/Dok. Freepik)



Tags: art jakarta,   art jakarta 2018,   pameran seni








Cover Januari - Februari 2020