Mother&Baby Indonesia
Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi?

Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi?

Menyeruput kopi di pagi atau sore hari menjadi kebiasaan sebagian orang. Ya, minum kopi seolah menjadi menu sehari-hari yang tak boleh terlewat. Sebagian Moms juga terbiasa minum kopi. Nah, pertanyaannya, apakah kopi juga baik diminum saat hamil?

 

Menurut dr. Ardiansjah Dara, Sp.OG, M.Kes dari MRCCC Siloam Hospital, Semanggi, Jakarta, sebenarnya yang harus diperhatikan adalah kadar kafein yang terkandung di dalam kopi tersebut. Jadi, yang harus dibatasi adalah jumlah kafeinnya. Selain di dalam kopi, kafein juga ada di dalam minuman lain, misalnya teh dan energy drink. Kopi memiliki efek meningkatkan asam lambung, karena kopi bersifat asam.



 

Lantas, bolehkah kopi dikonsumsi setiap hari saat hamil? Apa dampaknya bagi janin jika mengonsumsi kopi secara berlebihan? Yuk, simak video penjelasan dr. Ardiansjah Dara, Sp.OG, M.Kes dari MRCCC Siloam Hospital, Semanggi, Jakarta, lebih lanjut di Youtube Mother & Baby Indonesia berikut ini, Moms. Jangan lupa untuk klik like dan subscribe ya, Moms. (Susanto Wibowo/Dok. M&B)



 



Tags: hamil,   kehamilan,   kopi








Related Article