Home - Kehamilan & Persalinan - Kehamilan / 12 Juli 2018 / Redaksi

Kondisi Tubuh Saat Hamil Trimester 3

Trimester pertama sudah lewat, trimester kedua pun sudah dijalani dengan lancar. Saatnya memasuki trimester ke-3 nih, Moms. Trimester terakhir ini merupakan fase untuk mempersiapkan persalinan. Pasti rasa deg-degan sekaligus bahagia sudah menyelimuti Anda. Di trimester 3 ini, pemeriksaan kehamilan akan berjalan lebih sering. Nah, apa  saja yang diperiksa dan bagaimana kondisi tubuh Anda di trimester 3 ini? Ini dia penjelasan dari Dr. Dinda Derdameisyah, Sp.OG.

 

Posisi Kepala

Proses persalinan yang Anda lakukan bisa terlihat pada saat pemeriksaan USG di trimester 3. Jika posisi kepala janin berada di bawah, Anda bisa melakukan persalinan secara normal. Namun, jika posisi kepala berada di atas atau di samping, kemungkinan Anda harus melakukan persalinan dengan operasi caesar. Jangan khawatir, posisi kepala ini masih bisa berubah tergantung pergerakan janin.

 

Tekanan Darah

Pada trimester 3 ini, Anda harus terus memantau tekanan darah, tanda vital, dan letak tali pusat. Tekanan darah yang tinggi bisa membahayakan jika dibarengi dengan adanya protein dan urine. Untuk itu, pastikan semua normal dan baik untuk mendukung persalinan Anda yang hanya tinggal hitungan hari saja.

 

Kaki Membengkak

Pada trimester 3 ini, saat kehamilan sudah semakin membesar, kaki kadang terasa bengkak dan lebih pegal dari biasanya. Apalagi saat posisi kaki tertekan atau menggantung, yaitu saat duduk dan berdiri terlalu lama. Untuk mengatasi kaki bengkak yang dialami ibu hamil, menurut buku Panduan Super Lengkap Hamil Sehat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Pilih alas kaki yang nyaman. Gunakan setidaknya sepatu berukuran satu nomor lebih besar dari biasanya dan gunakan sepatu atau alas kaki yang datar (tanpa tumit).

2. Sekali waktu manjakan diri Anda di salon dengan melakukan pedikur. Anda bisa menikmati pijatan di bagian kaki sekaligus perawatan kaki hanya dalam satu langkah.

3. Berbaringlah di tempat tidur atau sofa yang nyaman dengan posisi kaki lebih tinggi dibanfingkan bagian atas tubuh Anda. Letakkan kaki Anda di atas tumpukan bantal atau selimut.

4. Gerakkan pergelangan kaki dengan gerakan memutar beberapa kali sehari. Berjalan-jalan selama beberapa menit pada pagi hari juga dapat mengurangi pembesaran pada kaki.

5. Bagi ibu hamil yang bekerja, duduklah dengan posisi kaki yang diangkat sesering mungkin. (M&B/MA/SW/Dok.Freepik.com)

share to BBM


RELATED ARTICLE

Tips Kurangi Nyeri Panggul Saat Hamil

Mengatasi Pertumbuhan Rambut Halus Saat Hamil

Tanya Jawab Seputar Gizi Ibu Hamil



OTHER ARTICLES

6 Tips untuk Kembalikan Energi Anda

Kuis: Apa Jenis Picky Eater yang Dialami Anak Anda?

Waspada! Sering Mencium Bayi bisa Sebabkan Meningitis

Cara Mengatasi Biang Keringat pada Bayi

Angelique Widjaja: Tanamkan Kesopanan pada Anak