Home - Kehamilan & Persalinan - Kehamilan / 11 Juli 2018 / Redaksi

Ini yang Terjadi Saat Hamil Trimester 2

Wah, usia kandungan Moms sudah memasuki 4 bulan! Di trimester kedua kehamilan ini, ada hal-hal yang juga terjadi dalam rahim seiring perkembangan janin. Pada trimester ke-2, Anda bisa melihat lebih banyak perubahan yang terjadi tentunya. Apa saja perubahan yang Anda alami? Ini dia penjelasannya, Moms.

 

Letak Plasenta

Dr. Dinda Derdameisyah, Sp.OG menjelaskan bahwa letak plasenta menjadi salah satu yang penting dilihat saat pemeriksaan USG. Jika plasenta terganggu, makanan tidak dapat diterima dengan baik oleh janin dan akan memengaruhi perkembangannya.

 

Air Ketuban

Jika jumlah air ketuban dalam kandungan normal, dengan ketebalan sekitar 10-20 cm, tandanya keadaan janin Anda baik. Selain sebagai pelindung dari benturan, air ketuban juga melindungi tali pusat supaya tidak kering. Tali pusat yang kering dapat mengganggu penyaluran oksigen ke tubuh janin.

 

Organ Tubuh dan Kelamin Janin

Pada trimester ke-2 ini, Anda juga sudah bisa melihat jelas bagaimana organ tubuh janin. Selain itu, Anda pun bisa melihat perkiraan jenis kelamin janin. Dan, jangan lupa untuk memeriksa tekanan serta tanda vital pada masa kehamilan.

 

Perkembangan Kehamilan

Pengecekan rutin diperlukan untuk memantau perkembangan kehamilan. Penelitian terbaru menemukan, pada trimester kedua, kemungkinan Down Syndrome sudah dapat terdeteksi. Hal ini terlihat dari bayangan yang berada di belakang leher rahim. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)






RELATED ARTICLE

Apa Yang Terjadi Saat Hamil Trimester 1?

5 Tips Mengurangi Mual Saat Hamil

Tips Kurangi Nyeri Panggul Saat Hamil



OTHER ARTICLES

Balita Terjebak di Dalam Mesin Cuci yang Menyala

Pertolongan Pertama Saat Anak Kejang

Tahapan Anak Berlatih Menulis

Gaya Hidup Dapat Atasi Stres

Langkah Tepat Menggali Potensi Anak