Home - Kehamilan & Persalinan - Kehamilan / 10 Juli 2018 / Redaksi

Apa Yang Terjadi Saat Hamil Trimester 1?

Anda mungkin adalah seorang calon ibu yang sedang menanti atau bahkan menjalani kehamilan pertama. Anda pun mulai bertanya-tanya ‘Sebenarnya, apa yang terjadi saat Saya hamil di trimester pertama?’. Jika ya, dr. Dinda Derdameisyah, Sp.OG memberikan penjelasannya.

 

Letak Kantung Kehamilan

Pada awal kehamilan, yang harus dilihat pertama kali adalah letak kantung kehamilan Anda. Pastikan kantung kehamilan terdapat di dalam rahim. Jika berada di luar, akan berbahaya bagi pertumbuhan janin Anda, karena rahim merupakan satu-satunya tempat janin dapat berkembang. Tak hanya itu, kantung kehamilan di luar rahim pun merupakan indikasi kehamilan tak bisa dilanjutkan.

 

Bentuk Janin

Di usia 7-12 minggu, Anda dapat melihat bagaimana bentuk janin dalam kandungan. Di usia ini, janin memang masih terlihat seukuran bola kelereng saja. Namun, anda sudah bisa melihat pergerakannya.

 

Jantung Janin

Selain itu, di trimester pertama ini, Anda juga sudah bisa ‘menerawang’ denyut jantung janin. Anda bisa memantau apakah denyut jantung janin bergerak normal atau tidak.

 

Usia Kandungan

Moms, penting untuk Anda mengetahui secara pasti usia kandungan Anda di trimester pertama melalui USG. Hal ini akan berdampak pada pemeriksaan berikutnya. Anda bisa menentukan perkembangan janin berdasarkan usia kandungan. Pastikan tidak ada gumpalan darah di belakang plasenta karena hal itu bisa menyebabkan keguguran. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



RELATED VIDEO: Ask the Expert, Kendala Trimester 1 Kehamilan


share to BBM


RELATED ARTICLE

5 Tips Mengurangi Mual Saat Hamil

Tips Kurangi Nyeri Panggul Saat Hamil

Apa Faktor Pertumbuhan Janin Terhambat?



OTHER ARTICLES

Menyusui di Ruang Publik, Setuju atau Tidak?

Kiat Sukses Inisiasi Menyusui Dini

Fakta Tentang Persalinan Caesar yang Wajib Diketahui

Tips Menjemur Bayi yang Aman dan Tepat

Fakta Tentang Persalinan Normal yang Wajib Diketahui