Mother&Baby Indonesia
Ini 5 Hal Yang Sering Dikeluhkan Ibu Hamil

Ini 5 Hal Yang Sering Dikeluhkan Ibu Hamil

Perubahan hormon dan kenaikan berat badan menjadi faktor penyebab munculnya keluhan pada ibu hamil. Biasanya, keluhan yang terjadi hanya karena masalah ketidaknyamanan, seperti sakit punggung, kram, dan sembelit. Namun, Anda tetap perlu mengetahui keluhan-keluhan ini agar dapat menanganinya dengan tepat. Berikut ini 5 hal yang sering dikeluhkan oleh ibu hamil:

 

Kram



Kram mungkin disebabkan oleh kadar kalsium yang rendah dalam darah. Selain itu, bisa terjadi karena Anda kekurangan garam dalam tubuh. Kondisi ini akan sering dialami pada trimester ke-3.

Anda bisa melakukan pijatan di area yang mengalami kram dengan sedikit tekanan. Regangkan telapak kaki ke atas dan tekan area tumit. Namun jika kram terlalu sering terjadi, sebaiknya periksakan ke dokter.

 

Sembelit

Kondisi ini terjadi ketika feses Anda mengeras dan kering, sehingga sulit untuk buang air besar. Sembelit bisa terjadi mulai dari konsepsi. Hormon progesteron dapat melemahkan otot-otot dinding usus, sehingga terjadi lebih sedikit kontraksi untuk mendorong makanan. Hal ini berarti air dari tinja di kolon diserap.

Solusi: Minumlah banyak air. Konsumsi makanan yang mengandung serat, seperti sayur, buah, atau serealia utuh. Olahraga ringan seperti jalan juga bisa membantu menangani keluhan ini.

 

Sakit Punggung

Sakit punggung sering dirasakan dalam bentuk ketidaknyamanan di punggung bawah, yang terkadang disertai rasa sakit pada bokong dan kaki. Biasanya, akan timbul ketika berdiri terlalu lama dengan posisi salah, atau setelah mengangkat sesuatu yang berat, khususnya di trimester ke-3.

Hal ini terjadi karena saat hamil, jumlah hormon progesteron yang tinggi akan melembutkan ligamen pada tulang panggul dan punggung, sehingga memberi tekanan ekstra pada sambungan pinggul dan tulang belakang.



Solusi: Anda bisa mengurangi masalah sakit punggung dengan melakukan pemijatan. Lakukan pula latihan untuk memperkuat tulang belakang. Anda juga bisa menggunakan kasur yang agak keras.

 

Payudara Kencang

Sangat wajar apabila payudara Anda tegang dan sakit, serta terasa berat dan tidak nyaman. Anda juga bisa merasakan sensasi geli pada bagian puting yang sering terjadi di awal kehamilan.

Kondisi ini disebabkan hormon yang muncul di masa kehamilan akan mempersiapkan payudara untuk proses laktasi. Kelenjar susu akan tumbuh dan membesar seiring dengan produksi susu.

Solusi: Gunakan bra yang dapat menopang baik payudara Anda sejak masa awal kehamilan. Jika payudara Anda berukuran besar, tetap gunakan bra di malam hari.

 

Mual

Anda bisa saja merasa pening dan mual, yang terkadang disertai muntah. Kondisi ini bisa terjadi kapan saja, tetapi umumnya ketika Anda tidak makan untuk waktu yang lama atau setelah tidur malam. Dan rasa mual ini paling sering muncul di trimester pertama. Umumnya, kondisi ini disebabkan rendahnya gula darah dan hormon kehamilan yang dapat mengiritasi lambung.

Solusi: Untuk mengatasinya, Anda bisa memakan sesuatu untuk membantu mengurangi rasa mual. Bumil juga sangat dianjurkan untuk makan dalam jumlah sedikit dan sering. Konsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi, seperti roti gandum utuh, kentang, nasi, atau sereal. Hindari gorengan dan kopi yang bisa memicu mual. Selain itu, Anda juga bisa simpan permen jahe di tas. Untuk mencegah mual di pagi hari, letakkan segelas air dan biskuit tanpa isi di dekat ranjang Anda sebagai camilan 15 menit sebelum beranjak dari tempat tidur. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   keluhan,   kesehatan








Cover Januari - Februari 2020