Mother&Baby Indonesia
3 Tipe Diet Untuk Moms Agar Tubuh Tetap Sehat

3 Tipe Diet Untuk Moms Agar Tubuh Tetap Sehat

Untuk memiliki tubuh yang bugar setiap saat, Anda tentu harus menjalani gaya hidup sehat. Salah satunya dengan mengatur makanan atau diet yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Mother&Baby Indonesia punya referensi tipe diet yang bisa Moms coba seperti berikut:

 

Mediterranean Diet



Mediterranean Diet terinspirasi dari pola makan masyarakat yang berasal dari negara-negara di sepanjang Laut Tengah. Prinsip dari diet ini adalah memilih makanan rendah lemak, rendah kolesterol, dan tinggi serat.

Buah-buahan, sayuran, gandum, serta kacang-kacangan jadi bahan wajib. Ganti minyak biasa dengan olive oil, gunakan rempah-rempah sebagai bumbu, hindari garam, dan makan daging merah hanya sebulan sekali.

 

Flextarian Diet

Flextarian merupakan kependekan dari flexible vegetarian. Diet ini menekankan agar Anda memperbanyak konsumsi makanan yang berasal dari tanaman dan mengurangi daging. Diet ini dilakukan selama 5 minggu.

Dalam sehari, Anda harus makan 1.500 kalori (3 kali makan besar, 2 kali camilan). Sarapan 300 kalori, makan siang 400 kalori, makan malam 500 kalori, dan camilan masing-masing 150 kalori. Anda hanya boleh makan daging maksimal 4 kali dalam seminggu dengan berat 250-750 gr saja.

 



Macrobiotics Diet

Gandum, beras merah, sayur-sayuran segar, kacang-kacangan, tofu, tempe dan rumput laut adalah menu dari diet ini. Macrobiotics diet menekankan pada keseimbangan dalam pola makan Anda, terinspirasi dari filosofi Yin dan Yang.

Diet ini mewajibkan Anda untuk mengunyah makanan pelan-pelan hingga benar-benar halus, tetap aktif bergerak, dan berpikir positif untuk menyukseskan diet Anda.

 

Nah, agar diet Anda sukses dan pengorbanan yang dilakukan tidak sia-sia, ini syaratnya:

1. Pilih metode yang cocok untuk Anda. Browsing, baca buku, dan bertanyalah kepada ahli. Jangan paksakan diri, kenali kebutuhan, dan kapasitas tubuh Anda ketika memilih metode diet.

2. Jalani diet dengan niat dan tekad yang kuat. Jangan berhenti di tengah jalan. Ikuti setiap aturan dan interval diet. Misalnya, jika Anda memilih metode 13 hari, ikutilah dan jangan curang.

3. Diet Anda tak akan berhasil jika tidak dibarengi olahraga. Luangkan waktu minimal 30 menit setiap harinya untuk melakukan olahraga ringan, seperti sit up, push up, atau skipping. Percayalah, tubuh Anda akan jadi lebih sehat! (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   kesehatan,   diet