Mother&Baby Indonesia
Tips Memotong Rambut Anak

Tips Memotong Rambut Anak

Mengajak Si Kecil untuk memotong rambut mungkin membutuhkan perjuangan tersendiri. Seringkali kegiatan mencukur rambut anak bukan perkara mudah karena anak enggan atau takut saat rambutnya digunting. Apalagi jika baru pertama kali melakukannya. Tidak jarang 'pertempuran' antara Anda dan Si Kecil pun harus terjadi selama proses potong rambut. Jika Anda memutuskan untuk memotong rambut, ini caranya, Moms.

1. Pakaikan apron supaya potongan rambut tidak masuk ke baju Si Kecil. Potongan rambut yang masuk ke dalam baju Si Kecil akan membuatnya merasa gatal dan bukan tidak mungkin ia akan tidak tahan sehingga rewel dan minta berhenti rambutnya dipotong.

2. Anda tidak perlu mencuci rambut anak seluruhnya. Cukup semprot bagian-bagian yang akan Anda gunting.



3. Agar Si Kecil tidak rewel saat dicukur, berikan ia mainan atau buku. Biarkan ia bermain dengan mainan yang dipegangnya atau membaca buku yang ia sukai. Tapi, minta ia untuk tidak menggerak-gerakkan kepalanya, karena bisa mengakibatkan rambut yang digunting berantakan.

4. Gunakan gunting dengan ujung membulat dan tidak tajam agar tidak melukai anak saat ia bergerak-gerak.

5. Ajak anak berbincang selama Anda memotong rambutnya, supaya ia tidak merasa bosan dan tidak diacuhkan.



6. Mulailah menggunting dari rambut bagian belakang. Lalu lanjutkan menggunting rambut bagian samping dan depan.

7. Potong rambut anak secepat Anda bisa untuk menghindari Si Kecil bosan jika terlalu lama dan dikhawatirkan merebut gunting dari tangan Anda yang bisa membahayakan dirinya dan Anda.

8. Terakhir, bersihkan rambut yang tersisa di lehernya dengan sisir bulu atau bedak. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   rambut,   potong rambut










Cover April 2020