Mother&Baby Indonesia
5 Tips Menyusui Saat Di Perjalanan

5 Tips Menyusui Saat Di Perjalanan

Sudah menjadi tugas penting sebagai ibu untuk memenuhi kebutuhan ASI Si Kecil, tak terkecuali ketika sedang bepergian. Meskipun demikian, kadang, selama perjalanan bisa jadi sangat merepotkan buat ibu untuk menyusui Si Kecil. Nah, agar kegiatan menyusui tetap lancar saat di perjalanan, Mother&Baby Indonesia punya tips agar memudahkan Anda.

 

1. Pakai Baju yang Tepat



Untuk memudahkan, pakailah bra sekaligus pakaian yang didesain khusus untuk ibu menyusui atau baju berkancing depan. Jadi, kapan pun Si Kecil butuh ASI, Anda dapat membuka baju dengan mudah.

 

2. Siapkan Perlengkapan Menyusui

Untuk menyusui secara langsung di tempat umum, Anda membutuhkan apron (celemek menyusui) atau kain penutup. Selain itu, Anda juga membutuhkan pompa ASI, wadah penyimpan ASI, tas pendingin ASI, serta ice gel untuk persiapan memerah ASI.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan bantal kecil, tisu pembersih, dan breast pad untuk menjaga Anda dan Si Kecil tetap nyaman, serta higienis.

 

3. Lakukan Perah ASI



Sebelum pergi, Anda bisa memerah ASI menampungnya di dalam sebuah wadah, dan menyimpannya dalam cooler bag. Anda bisa memberikan ASI perah tersebut melalui botol saat bayi haus dan lapar.

 

4. Jaga Nutrisi

Meski sedang bepergian, Anda harus tetap memerhatikan pola makan dan asupan gizi. Makanlah makanan yang bergizi dan menyehatkan, serta penuhi kebutuhan cairan tubuh. Jika Anda biasa mengonsumsi suplemen penghasil ASI, Anda juga tidak boleh melewatkannya.

 

5. Cari Ruang Khusus Menyusui

Ke mana pun Anda pergi, sebaiknya segera cari tahu letak ruang khusus untuk menyusui. Sehingga, sebelum Si Kecil kelaparan, Anda tahu ke mana harus pergi untuk menyusuinya dengan nyaman. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: ibu,   menyusui,   perjalanan,   bayi