Mother&Baby Indonesia
Kenali Let-Down Reflex, Tanda ASI Lancar

Kenali Let-Down Reflex, Tanda ASI Lancar

Moms mungkin tidak begitu familiar atau baru mendengar istilah let-down reflex. Ini adalah refleks yang membantu ASI Anda keluar dengan lancar. Refleks ini terjadi secara alami, terutama setelah beberapa minggu Moms menyusui.

 

Let down reflex (LDR) muncul dari isapan bayi pada payudara ibunya. Isapan ini kemudian merangsang saraf-saraf pada puting ibu. Saraf-saraf tersebut akan mengeluarkan hormon prolaktin dan oksitosin yang dilepaskan ke aliran darah ibu.



 

Hormon prolaktin akan bereaksi terhadap jaringan penghasil ASI. Sedangkan hormon oksitosin berfungsi untuk mendorong otot-otot kecil di sekitar sel penghasil ASI untuk berkontraksi. Kontraksi inilah yang menyebabkan payudara mendorong ASI keluar (let-down).

 

LDR tidak hanya terjadi saat menyusui bayi secara langsung, tetapi juga bisa dipancing saat sedang memompa ASI. Jika LDR tidak bekerja dengan baik, jumlah ASI yang diproduksi menjadi sedikit. Lama-kelamaan mungkin Si Kecil akan menolak untuk menyusu.



 

Agar LDR bisa terjadi dan ASI lancar keluar, ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan. Pertama, tenangkan diri Anda saat hendak menyusui atau memompa ASI. Hal ini akan membantu memproduksi ASI lebih baik. Kemudian, pijat payudara dengan lembut, terutama di bagian puting. Anda bisa mulai pijatan dari bagian atas payudara menuju puting menggunakan jari secara perlahan.

 

Masih ada cara lain agar LDR bisa terjadi dan ASI lancar keluar. Anda juga bisa mengetahui tanda-tanda LDR terjadi. Semua bisa Moms baca selengkapnya di Majalah Mother&Baby Indonesia edisi Juli 2018. Dapatkan sekarang ya, Moms! (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: panduan ibu baru,   asi,   let down reflex








Related Article