Mother&Baby Indonesia
Tips Merawat Tubuh Setelah Melahirkan

Tips Merawat Tubuh Setelah Melahirkan

 

Setelah melahirkan, banyak ibu baru yang kurang memikirkan penampilan lalu membenci cermin karena tidak tahan melihat wajah sendiri. Kulit wajah terlihat kusam, mata terlihat berkantung, dan ada noda-noda menghitam di kulit. Lalu apa yang harus dilakukan?

 



Stop kegelisahan Anda, Moms. Yakinlah tidak selamanya penampilan Anda sekusam itu. Ada harapan untuk Anda bisa tampil seperti saat sebelum hamil dan bahkan lebih cantik. Kuncinya, atasi semua permasalahan kecantikan Anda dengan rangkaian produk yang tepat. Berikut tips yang bisa Anda lakukan, Moms.

 

Kulit wajah kering

Kulit wajah adalah bagian super sensitif yang jika tidak dirawat akan 'bertingkah'. Hal yang paling sering terjadi ketika akan merawat kulit wajah adalah kulit terasa lebih kering dan iritasi di beberapa bagian, seperti cuping hidung, dahi, dan pelipis.

Perawatan: Waspadai pembersih wajah dengan detergen. Segera ganti pembersih wajah Anda dengan yang berbahan dasar air. Pakai juga pelembap yang kaya air dan mineral oil. Pelembap ini terasa lebih ringan dan membuat kulit wajah lebih mudah untuk menyerap semua kandungannya sehingga akan membuat kulit wajah Anda lebih lembap sepanjang hari.

 

Pigmentasi kulit

Sesaat setelah melahirkan, harapan pertama Anda adalah hilangnya hiperpigmentasi pada wajah dan melasma. Namun hal ini tidak terjadi karena hormon Anda belum stabil, dan akan terus berlangsung selama 6 bulan setelah Anda melahirkan.

Perawatan: Perbedaan warna kulit pada wajah bisa Anda kurangi dengan menggunakan masker khusus secara rutin sekali dalam seminggu, yang akan membuat warna kulit wajah Anda lebih merata. Sedangkan untuk kulit tubuh, Anda bisa gunakan pelembap yang mengandung vitamin E dan alfa-hidroksi yang mampu membantu meratakan warna kulit juga melembutkan dan menghaluskannya.

 

Kantung mata

Mata sembap, bengkak, berkantung, dan muncul lingkaran mata, sepertinya semakin hari semakin terlihat gelap. Ini merupakan efek yang pertama kali terlihat jelas, karena Anda kurang tidur selama malam-malam pertama menjaga newborn.



Perawatan: Jika Anda menyusui, langkah pertama adalah menjaga kelembapan tubuh dengan mengonsumsi air putih minimal 2 liter setiap harinya. Coba serum yang dapat membantu menghilangkan lingkaran hitam dan kerutan halus pada kantung mata. Anda juga bisa mencoba eye patch seminggu sekali untuk mengurangi kantung mata dan membuat mata terasa lebih terbuka dan segar.

 

Rambut rontok

Kerontokan rambut pada ibu baru biasanya terjadi 3 bulan setelah melahirkan. Hal ini disebabkan turunnya hormon progesteron secara drastis. Tapi tidak perlu khawatir, Moms. Rambut akan kembali tumbuh seperti saat sebelum Anda hamil. Lihat hasilnya setelah 12 bulan melahirkan.

Perawatan: Salah satu cara untuk meminimalisir kerontokan adalah dengan memotong rambut. Dengan model rambut lebih pendek, Anda pun akan terlihat lebih segar. Selain itu, Anda juga bisa mencoba memakai sampo yang mengandung minyak esensial untuk membangun perlindungan alami kulit kepala sehingga akar rambut akan tumbuh lebih kuat. Jika kerontokan sudah sangat parah, Anda bisa melakukan perawatan di rumah dengan menggunakan serum rambut yang diaplikasikan setiap hari selama minimal 30 hari.

 

Kerutan dan garis halus

Pasca melahirkan, banyak Moms mengeluhkan munculnya kerutan dan garis halus pada wajah. Perubahan hormon yang drastis secara tiba-tiba memang menjadi penyebab utama semua permasalahan kecantikan Anda, termasuk munculnya kerutan dan garis halus pada mata serta garis senyum.

Perawatan: Gunakan krim perawatan wajah anti penuaan yang membantu meningkatkan elastisitas kulit wajah, menjadikan kulit wajah lebih muda, sehat, dan kenyal. Cegah kerutan dan garis halus bertambah dengan selalu mengaplikasikan pelembap yang mengandung tabir surya sebelum Anda beraktivitas di luar ruangan.

 

Kulit kusam

Saat hamil, glow pada kulit Anda mendadak hilang begitu saja. Anda merasa kulit berubah menjadi kusam, tidak bercahaya akibat kurang beristirahat selama berminggu-minggu.

Perawatan: Mulailah dengan pembersih wajah yang mengandung ekstrak peony untuk membuang sel-sel kulit mati dan mengurangi kekusaman kulit Anda. Jika Anda menginginkan kulit wajah bercahaya secara instan, Anda bisa gunakan masker yang kaya kolagen. Selain membantu mengecilkan pori-pori pada wajah, masker ini membantu kulit lelah terlihat segar dalam waktu 10 menit. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: perawatan wajah,   perawatan tubuh,   pasca melahirkan










Cover Mei-Juni-Juli 2020