Mother&Baby Indonesia
Manfaatkan Waktu Istirahat Bersama Keluarga

Manfaatkan Waktu Istirahat Bersama Keluarga

Sebuah penelitian dari University of Washington, AS, menuliskan, tak hanya orang dewasa yang membutuhkan istirahat, tetapi semua orang dari berbagai kalangan umur. Maka, penting bagi Anda meluangkan waktu untuk beristirahat dan mengembalikan energi setelah seharian bekerja, Moms.

 

Tak hanya mengembalikan energi, istirahat juga dapat memperbaiki mood yang sedang kacau serta meningkatkan produktivitas sehingga tidak mudah jenuh. Agar istirahat Anda lebih berkualitas dan terasa menyenangkan, lakukanlah bersama keluarga! Mother&Baby Indonesia memiliki beberapa tips yang dapat Anda lakukan.



 

1. Tidur.

Ini adalah elemen yang utama dalam kegiatan beristirahat. Jeff Kufland, program director dan penulis Athletic Human mengatakan Anda harus memerhatikan jam tidur anggota keluarga.

Untuk Anda dan suami, tidurlah sekitar 7-10 jam. Sedangkan untuk Si Kecil, tidur selama 10-13 jam. Sebaiknya, Anda tidur sebelum pukul 00.00. Agar lebih efektif, matikan lampu atau berikan pencahayaan remang untuk tidur lebih nyenyak.

Perhatikan juga sirkulasi udara dan temperatur kamar, jangan sampai terlalu dingin, panas, atau sesak. Sempatkan juga untuk tidur siang selama 20-30 menit ya, Moms!



2. Meditasi ringan.

Di malam hari (sebelum tidur atau setelah makan malam), Anda bisa mengajak keluarga melakukan meditasi ringan. Matikan semua alat elektronik, seperti televisi dan telepon genggam, lalu ajak suami dan Si Kecil duduk bersila di ruang keluarga.

Minta mereka untuk relaks dan memikirkan hal menyenangkan yang terjadi hari ini. Putar musik klasik atau instrumental yang menenangkan. Lakukan sekitar 5-10 menit, Anda akan merasa lebih lega dan segar.

3. Jalan-jalan.

Jadikan akhir pekan sebagai hari istirahat untuk Anda dan keluarga. Lupakan sejenak pekerjaan yang menumpuk, ajak mereka untuk jalan-jalan ke tempat-tempat yang menarik, seperti taman kota, museum, menonton bioskop, atau piknik.

Anda juga bisa mengeksplorasi tempat-tempat wisata atau rumah makan baru yang belum pernah didatangi oleh keluarga. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: manfaat istirahat,   tidur










Cover Mei-Juni-Juli 2020