Mother&Baby Indonesia
Pahami 4 Hal Ini Agar Dapat Lancar Bekerja Di Dalam Tim

Pahami 4 Hal Ini Agar Dapat Lancar Bekerja Di Dalam Tim

Selama menjalani karier, Anda dituntut untuk dapat bekerja dalam situasi apa pun, termasuk bekerja di dalam tim. Jika sebelumnya Anda terbiasa menyelesaikan tugas sendiri, kali ini Anda akan bekerja bersama sekelompok orang dengan karakter yang berbeda.

 

Maka, perlu adanya sikap saling mendukung satu sama lain agar target pekerjaan bisa tercapai. Supaya bisa menjalin kerja sama dengan baik dan nyaman dalam tim, simak 4 tips dari M&B berikut ini, Moms.



 

1. Pahami Tujuan

Ketahui dengan jelas target yang akan dicapai bersama. Jika tujuannya jelas, akan mudah bagi Anda untuk mengikuti atau membuat alur kerja di dalam tim. Dengan demikian, pekerjaan dalam tim akan menjadi efektif.

Bekerja dalam tim membutuhkan kesabaran dan kadang Anda perlu mengesampingkan keinginan pribadi, agar pekerjaan selesai dan tujuan bisa cepat tercapai.

 

2. Mengenal Tim

Bekerja dalam tim adalah sebuah tantangan. Dengan adanya pembagian tugas, setiap orang akan memiliki tanggung jawab masing-masing. Untuk itu, mulailah mengenal setiap anggota tim dengan baik. Selain itu, ketahui juga peran dan cara bekerja rekan Anda untuk memudahkan saat bekerja sama.



 

3. Minta Saran dan Masukan

Setiap orang pasti memiliki kelemahan. Tetapi, di dalam sebuah tim, setiap anggota diharapkan dapat saling membantu dan melengkapi. Jika Anda membutuhkan bantuan, bicarakan apa yang ingin disampaikan secara jujur, terbuka, dan saling menghargai.

Sebaiknya, gunakan metode komunikasi secara langsung untuk menghindari kesalahpahaman maupun konflik antara individu dalam tim.

 

4. Menghabiskan Waktu Bersama

Pertemuan formal atau rapat biasanya dilakukan untuk brainstorming, melakukan evaluasi, dan mengetahui perkembangan pekerjaan masing-masing anggota. Selain itu, akan ada pertemuan tidak formal antar anggota tim, seperti makan siang bersama.

Coba ikut bergabung dalam acara tersebut untuk mendekatkan diri dan bersosialisasi. Pertemuan terbuka seperti itu justru akan lebih efektif untuk meningkatkan solidaritas dan kekompakan. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: karier ibu,   kerja sama,   kerja tim








Cover Januari - Februari 2020