Mother&Baby Indonesia
5 Tips Siapkan Bekal Sehat Untuk Anak

5 Tips Siapkan Bekal Sehat Untuk Anak

Wah! Si Kecil sudah mulai masuk playgroup ya, Moms. Mulai sekarang, ia bisa belajar lebih mandiri, termasuk untuk urusan makan. Agar kesehatan anak tetap terjaga saat bersekolah, lebih baik buatkan sendiri bekalnya ke sekolah. Berikut ini, Mother&Baby Indonesia memberikan tips yang dapat Anda terapkan untuk bekal Si Kecil:

 

Buat Sendiri



Si Kecil tentu suka makanan ringan, seperti nugget, sosis, kentang goreng, atau ayam crispy. Sebaiknya, buat makanan tersebut sendiri dibandingkan membeli yang instan. Anda bisa mencari resep membuat makanan tersebut untuk dijadikan bekal di kanal Resep ini, Moms.

 

Pilah-pilih Bumbu

Karena sistem pencernaan anak belum terlalu sempurna dan masih sensitif, sebaiknya jangan gunakan bumbu yang terlalu tajam. Hindari cabai, lada, atau cuka yang terlalu banyak agar tidak menganggu pencernaan Si Kecil.

 

Perhatikan Tekstur

Buatlah bekal yang bertekstur lunak agar mudah dicerna Si Kecil. Misalnya, hindari daging yang dipotong besar, lebih baik dicincang. Suwiran ayam atau ikan juga bisa jadi pilihan, Moms!

 

Selipkan Buah



Selain bekal nasi dan lauk, Anda wajib membawakan Si Kecil buah. Buatlah sekreatif mungkin seperti potongan kecil berbagai macam buah, sate buah, atau jus dalam botol minuman yang lucu.

 

Alat Masak Harus Bersih

Anda harus menggunakan alat masak yang higienis, agar kandungan gizi yang ada dalam bahan makanan tidak berkurang.

 

Tapi sebenarnya, mengapa Moms harus memasak bekal Si Kecil sendiri? Menurut Dr. dr. Yustina Anie Indriastuti Msc., Sp.GK, Wakil Ketua Pengurus Pusat PDGMI, mengolah dan memasak sendiri bekal anak sangat penting.

 

Moms dapat mengatur menu, jenis, dan jumlah makanan yang sesuai dengan kondisi kesehatannya, karena hanya Anda yang tahu bagaimana kondisi sebenarnya. Anda juga tak perlu khawatir dengan higienitas makanan yang dikonsumsi Si Kecil dan merasa aman karena ia tidak makan sembarangan.

 

Perhatikanlah unsur karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral dalam bekal anak agar kebutuhan gizinya terpenuhi. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   bekal sekolah








Cover Maret 2020