Mother&Baby Indonesia
Tips Aman Anak Bermain Gadget

Tips Aman Anak Bermain Gadget

Pemberian gadget pada anak-anak memang sebenarnya tidak dianjurkan. Karena menurut penelitian, dengan bermain gadget dapat memberikan dampak negatif terhadap perkembangan anak. Tetapi, Anda juga tidak perlu langsung khawatir dan panik sehingga Si Kecil tidak diperbolehkan sama sekali bermain gadget. Gadget juga bisa memberikan dampak positif apabila penggunaannya diberikan batasan, Moms.

 

Berikut beberapa tips agar anak aman bermain gadget:



1. Pastikan gadget tersebut aman digunakan Si Kecil. Jangan memakaikan aksesori yang bisa tertelan atau membahayakannya.

2. Dr. Larry Rosen, profesor dan mantan ketua departemen psikologi di California State University, AS, menyarankan, bila Si Kecil sudah bermain gadget selama 30 menit (waktu maksimal yang direkomendasikan untuk balita), sebaiknya Anda memberikan jeda untuknya sebelum bermain lagi selama 150 menit. Hal ini berfungsi untuk mengistirahatkan otaknya.

3. Unduhlah aplikasi dan games yang sesuai untuk usia Si Kecil.



4. Anda adalah role model anak. Jika Anda tidak dapat melepaskan diri dari gadget, bagaimana Anda bisa mengharapkan hal yang sama pada anak Anda? Berusahalah sesedikit mungkin menggunakan gadget di depan anak dan luangkan waktu bermain bersamanya.

5. Atur posisi Si Kecil saat ia bermain gadget. Berikan jarak pandang yang agak jauh dari layar agar matanya tidak rusak.

6. Perhatikan suara yang dikeluarkan gadget. Pendengaran Si Kecil masih sangat peka. Atur volume suara gadget Si Kecil ke pengaturan yang rendah agar ia lebih nyaman saat bermain.

7. Bila telah selesai bermain, simpan gadget di tempat yang sulit dijangkau tangan Si Kecil. (M&B/MA/SW/Dok.Freepik)



Tags: gagdet,   balita










Cover Mei-Juni-Juli 2020