Mother&Baby Indonesia
Tips Mengatur Kamar Anak Sesuai Feng Shui

Tips Mengatur Kamar Anak Sesuai Feng Shui

Sudah lebih dari 5.000 tahun, feng shui diterapkan oleh masyarakat Cina untuk menata ruang dan bangunan. Feng shui ternyata bukanlah kepercayaan dan mistik, karena ilmu modern menemukan manfaat penerapannya secara ilmiah.

 

Feng berarti angin dan shui berarti air. Menurut ahli-ahli dari Tiongkok, jika angin dan air berpadu dengan harmonis, maka akan tercipta energi baik. Nah, perubahan positif ini bisa juga terjadi pada Si Kecil jika kamarnya diatur sesuai dengan aturan feng shui. Menurut beberapa penelitian, anak yang mendiami kamar sesuai dengan feng shui akan lebih sehat, tenang, nyaman, dan tidak rewel. Berikut tips dalam mengatur kamar Si Kecil sesuai feng shui, Moms.



 

Tempat yang tenang

Tidur sangat penting untuk Si Kecil, karena saat terlelap, hormon pertumbuhannya bekerja dengan maksimal. Para ahli kedokteran menganjurkan agar kamar bayi dibuat setenang mungkin. Untuk menghindarkan Si Kecil dari suara keras yang mengejutkan, letak kamar Si Kecil harus cukup jauh dari dapur, garasi, atau ruang kosong di bawahnya (misalnya kamar di atas gudang bawah tanah). Kamar juga sebaiknya tidak berdekatan dengan ruang televisi atau jendela yang berhadapan langsung dengan jalan raya.

 

Pemilihan interior

Motif alam dan natural sangat baik untuk perkembangan Si Kecil. Tentu saja, motif hewan untuk tirai, selimut, seprai, atau hiasan dinding bagus asalkan Moms menghindari motif hewan-hewan buas, seperti singa, macan, atau reptil. Dikhawatirkan motif hewan buas ini akan memengaruhi kepribadian Si Kecil. Selain motif, yang juga harus diperhatikan adalah pemilihan benda atau furnitur pengisi ruangan. Hindari menaruh meja, kursi, lemari, atau benda lain yang bersudut tajam demi keamanan Si Kecil. Jika terpaksa memakai furnitur tersebut, jauhkan dari ranjang Si Kecil dan beri penutup sudut tajamnya.

 



Pilih warna yang sesuai

Kebudayaan Cina mempercayai 5 elemen kehidupan: air, tanah, kayu, api, dan logam. Setiap orang memiliki elemen tertentu yang ditentukan oleh waktu kelahirannya. Setiap elemen kehidupan itu bisa diwakili dengan warna tertentu, misalnya Si Kecil yang lahir dengan elemen kayu cocok dengan warna cokelat, tetapi tidak cocok dengan warna merah yang melambangkan api. Sebenarnya, untuk kamar anak, hindari penggunaan gabungan beberapa warna dominan karena akan membuatnya merasa terlalu distimulasi sehingga ia tidak bisa tenang dan sering rewel. Sebaiknya Anda memilih warna-warna yang kalem, seperti warna pastel.

 

Letak ranjang

Ranjang merupakan elemen penting kamar tidur. Menurut aturan feng shui, ranjang sebaiknya:

- Tidak berseberangan dengan pintu atau jendela karena Si Kecil akan terganggu jika seseorang membuka pintu.

- Letakkan kepala ranjang di bagian dinding yang kokoh.

- Hindari bagian dinding kamar mandi, toilet, atau gudang untuk meletakkan kepala ranjang sebab dinding ruangan tersebut cenderung lembap dan dingin. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   bayi,   kamar anak,   feng shui