Mother&Baby Indonesia
Penting, Nutrisi dan Stimulasi Dini Untuk Anak

Penting, Nutrisi dan Stimulasi Dini Untuk Anak

Setiap orangtua pasti menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya. Sejak hamil, calon Moms sudah mencari banyak informasi untuk mendukung pertumbuhan optimal anaknya. Moms juga berusaha memberikan nutrisi dan stimulasi terbaik sejak usia dini agar Si Kecil bisa terus menjadi yang terbaik. Tapi kenapa nutrisi dan stimulasi terbaik harus diberikan sedini mungkin?

 

Masa-masa awal kehidupan seorang anak adalah saat terpenting untuk menyiapkan dirinya di masa depan. Pada masa inilah anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan paling cepat. Tentu saja, Andalah orang yang paling berperan dalam proses pembentukan awal ini. Ada banyak faktor yang memengaruhi kehidupan awal anak, di antaranya nutrisi dan lingkungan, termasuk stimulasi dini. Dua hal ini berperan besar dalam menentukan perkembangan otak, sistem daya tahan tubuh, dan pertumbuhan fisik seorang anak.



 

Perkembangan Otak

Perkembangan otak terbentuk sejak janin berusia 3 minggu dan terus berkembang sampai ia terlahir ke dunia dan menginjak usia 5 tahun. Sedangkan masa perkembangan otak yang paling penting dan cepat adalah ketika anak berusia 0-3 tahun. Pada tahap ini, ukuran otak anak sudah mencapai 85 persen ukuran otak orang dewasa. Dengan perkembangan otak yang optimal, anak bisa tumbuh menjadi cerdas, memiliki daya tangkap tinggi, serta memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi dan memecahkan masalah.

 

Sistem Daya Tahan Tubuh



Sistem daya tahan tubuh manusia mulai terbentuk sejak anak masih bayi. Salah satu sistem daya tahan tubuh anak yang tidak kalah penting adalah saluran pencernaan, karena 70 persen sel-sel daya tahan tubuh terdapat di dalam saluran cerna. Saluran cerna yang sehat akan berpengaruh terhadap daya tahan tubuh anak. Anak yang memiliki daya tahan tubuh yang baik tidak akan mudah terserang penyakit.

 

Pertumbuhan Fisik

Bagaimana dengan pertumbuhan fisik? Pertumbuhan fisik anak dimulai sejak dalam masa kandungan. Secara umum, anak mengalami 3 masa tumbuh kembang yang cepat, yaitu: masa janin (0-9 bulan), masa bayi (0-12 bulan), dan masa pubertas (remaja). Dengan pertumbuhan fisik yang baik, maka perkembangan anak secara umum pun akan berkembang dengan baik pula. Contohnya, pertumbuhan tulang yang baik dan sehat akan memengaruhi perkembangan kemampuan anak berjalan, dan pertumbuhan otak anak akan memengaruhi perkembangan kecerdasannya. Jadi, dengan perkembangan fisik yang baik, anak bisa melakukan berbagai hal dengan baik dan mandiri.

 

Begitu banyak pertumbuhan dan perkembangan anak yang berlangsung cepat dan penting di masa-masa awal kehidupannya, maka sebaiknya Moms mendukung pertumbuhan anak sedini mungkin. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   tumbuh kembang,   nutrisi,   stimulasi








Cover Maret 2020