Mother&Baby Indonesia
Perhatikan Asupan Kentang Yang Dapat Picu Diabetes

Perhatikan Asupan Kentang Yang Dapat Picu Diabetes

Apakah Moms salah satu yang menyukai hidangan berbahan dasar kentang? Mulai saat ini, Anda perlu memerhatikan asupan kentang yang masuk ke dalam tubuh Anda dari sekarang! Sebaiknya, kurangi mengonsumsi makanan pengganti nasi tersebut.

 

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan British Medical Journal, asupan kentang dalam bentuk apa pun (dipanggang, direbus, atau digoreng), ternyata dapat menimbulkan risiko diabetes selama kehamilan atau diabetes gestasional. Penelitian ini dilakukan selama 10 tahun pada 21.000 bumil dan sekitar 854 orang di antaranya mengalami diabetes gestasional.



 

Kentang memang kaya akan vitamin C, kalium, dan serat, namun ternyata dapat menimbulkan efek merugikan pada metabolisme glukosa Anda. Pasalnya, kentang mengandung pati yang cepat diserap oleh tubuh.

 

Para ahli mengatakan, semakin banyak mengonsumsi kentang sebelum dan selama hamil, risiko diabetes juga semakin tinggi. Biasanya, penyakit ini tidak menampakkan gejala dan berkembang ketika kehamilan memasuki trimester ke-3.



 

Ibu yang mengalami diabetes gestasional memiliki risiko yang cukup berat, seperti kelahiran prematur, bayi meninggal, hingga keguguran. Diabetes gestasional biasanya akan menghilang setelah Anda melahirkan. Namun, pada beberapa kasus, penyakit tersebut berkembang menjadi diabetes tipe 2.

 

Jadi, Moms harus lebih berhati-hati dalam mengatur makanan, khususnya dalam mengonsumsi kentang. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   asupan,   kentang,   diabetes